Tim Upaya Khusus (Upsus) BPTP Jambi melakukan koordinasi untuk rencana MoU Badan Litbang Pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Bungo.

Peneliti BPTP Jambi Adri menyebutkan rencana MoU antara Badan Litbang Pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Bungo secara lisan telah disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHBun) Kabupaten Bungo kepada Bupati Bungo.

Bupati menyambut baik rencana tersebut. Sementara itu MoU Balitbangtan dengan Kabupaten Kepahiang dijadikan sebagai bahan diskusi dan acuan untuk MoU yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bungo.

"Diharapkan proses rencana MoU bisa berjalan lancar dan tidak terlalu lama dapat direalisasikan," kata Adri.

Selanjutnya berdasarkan MoU tersebut, tim akan melaksanakan pendampingan atau pengawalan kegiatan Upsus Pajale di Kabupaten Bungo.

Di lapangan gangguan hama keong mas dan gulma yang sebelumnya cukup banyak saat ini sudah berkurang, namun timbul lagi serangan ulat grayak yang cukup signifikan.

Tim melalukan penyemprotan ulat grayak menggunakan insektisida yang tersedia di lokasi yaitu Danke 40 WP dan Oltus yang digelar pekan lalu.  Penyemprotan yang dilakukan pada pagi hari, siangnya sudah terlihat ulat grayak berjatuhan dan mati.

Penyemprotan akan dilanjutkan dengan insektisida sesuai saran Kepala BPTP Jambi yaitu menggunakan insektisida Prephaton.

Tim peneliti BPTP Jambi dan Dinas TPHBun Kabupaten Bungo telah menyusun prioritas kegiatan berikutnya diantaranya melanjutkan penyemprotan gulma dan hama keong, memberikan pupuk susulan N serta pemberian air irigasi.

Berikutnya akan dilakukan perbaikan saluran pinggir petakan sawah agar proses pemberian dan pengeringan air berjalan lancar.


 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019