Ikan gabus tangkapan para petani ikan di Kumpeh Kabupaten Muarojambi selain untuk konsumsi di daerah itu juga banyak dijual ke Palembang untuk menjadi bahan baku pempek.

"Ya banyak ikan gabus dari Kumpeh Muarojambi ini yang dibawa ke Palembang untuk bahan baku pempek," kata Lukman, seorang penyuluh perikanan di Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi, Rabu.

Ia menyebutkan ikan gabus tangkapan dari Kumpeh volumenya cukup besar, bahkan ia menyebut kemungkinan volumenya dua ton per hari. Sebagian atau lebih dari jumlah itu dijual ke Palembang.

Rata-rata ikan gabus itu sudah dipesan oleh produsen pempek di Palembang, sayangnya ia tidak menyebutkan pemesan ikan gabus itu.

Baca juga: Budidaya perikanan Muarojambi 20 ton per hari
Baca juga: Musim penghujan tangkapan belut di Kumpeh Muarojambi tinggi

"Dibandingkan dari daerah lain, memang ikan gabus dari sini (Kumpeh) cukup signifikan. Itu semua hasil tangkapak, karena belum bisa budidaya ikan gabus," katanya.

Terkait ukuran ikan gabus yang diminati para produsen pempek itu, kata Lukman bervariasi tergantung musimnya, bisa besar bisa juga ukuranya lebih kecil-kecil.

"Kan sebagian ada yang dibuat untuk ikan gabus asin untuk diproduksi di Jambi. Ikan asin gabus itu banyak juga dicari pelanggan, bahkan menjadi salah satu buah tangan khas Jambi," kata Lukman yang juga penyuluh teladan di Provinsi Jambi itu.


Baca juga: Bupati Muaro Jambi apresiasi program revitalisasi ekonomi rakyat di lahan gambut
Baca juga: Bupati Muaro Jambi bangga menjadi daerah yang mewarisi warisan budaya dunia

 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019