Danau Sipin di kawasan Telanaipura Kota Jambi pada Minggu (30/6) menjadi destinasi wisata  yang menjadi perhatian pada akhir pekan ini.

Danau di tepian Sungai Batanghari tersebut menjadi tempat pelaksanaan lomba pacu perahu tradisional dan ketek (perahu bermesin tempel) hias yang digelar dalam rangka Semarak Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke-618 dan HUT Pemerintahan Kota Jambi ke-73.

Lomba pacu perahu tradisional  dan ketek hias di Danau Sipin digelar untuk pertama kalinya setelah danau itu dilakukan revitalisasi dan ditata oleh pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya kegiatan lomba pacu perahu digelar di Sungai Batanghari tepatnya di kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Selain menjadi tempat lomba pacu perahu, Danau Sipin juga akan menjadi ajang Kejurnas Dayung antar pelajar se-Indonesia yang akan digelar mulai 6 Juli 2019. mendatang

Kendati masih terdapat keramba terapung milik para petani ikan di daerah itu, namun sebagian areal danau itu sudah lapang dan siap menjadi ajang lomba pacu perahu.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mengajak warga Jambi untuk datang dan memberikan dukungan kepada para atlet pedayung Jambi yang akan berlaga pada lomba pacu perahu tersebut.

"Ini kegiatan tradisi di Kota Jambi, lomba pacu perahu. Dan tahun ini lebih istimewa karena digelar di Danau Sipin, danau yang kita bersama coba untuk direvitalisasi untuk menjadi destinasi wisata unggulan," kata Syarif Fasha.

Lokasi Danau Sipin terletak di pusat Kota Jambi tepatnya satu kilometer di belakang Kompleks Perkantoran Pemprov Jambi dan sekitar empat kilometer dari Tugu Keris, yang merupakan destinasi wisata lainnya di Jambi.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019