DPRD Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari mendorong pemerintah daerah untuk mengutamakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur sebagai langkah percepatan pembangunan di daerah.

“Kita mendorong pembangunan di semua lini, namun untuk di Kota Jambi kita lebih mendorong pembangunan SDM-nya,” kata Ketua DPRD Kota Jambi Nasir di Jambi.

Menurut Nasir pembangunan SDM tersebut perlu dikedepankan dan dilakukan sedini mungkin karena SDM tersebut berburu dengan waktu. Maksudnya semakin lama ingatan seorang manusia semakin berkurang, sehingga perlu dilakukan pembangunan SDM sedini mungkin.

Ia menyontohkan siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa SD lebih kuat daya ingatnya dibandingkan siswa SMP dan SMA, sehingga pembangunan SDM sangat perlu dilakukan.

“Jika pembangunan SDM tidak di utamakan, maka perlu dipertanyakan sikap kepala daerah itu sendiri, kenapa?,” kata Nasir.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batanghari Elvis Sina Saleh lebih mendorong pemerintah daerah itu untuk membangun Infrastrukur dasar. Karena bagi pemerintah kabupaten infrastruktur dasar sangat penting untuk mendukung pembangunan lainnya.

“Kita mendorong pemerintah daerah untuk memprioritaskan seluruh aspek pembangunan, namun di Kabupaten Batanghari pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan masih sangat perlu dilakukan,” kata Elvis Sina Saleh.

DPRD di daerah itu mendorong pemerintah daerah membangun dan melakukan pemeliharaan terahadap jalan-jalan kabupaten, karena saat ini sejumlah besar jalan kabupaten daerah itu dalam keadaan tidak layak dilalui, terutama saat musim hujan, sejumlah ruas jalan kabupaten di daerah itu nyaris tidak dapat dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Dia menyontohkan saat ini jalan-jalan kabupaten di Kecamatan Maro Sebo Ilir dan beberapa ruas jalan di Kecamatan Maro Sebo Ulu dalam kondisi memprihatinkan. Jika musim panas warga sekitar tercemar oleh polusi debu jalan, sementara saat musim hujan jalan yang dipenuhi lubang-lubang besar nyaris tak dapat dilalui.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019