Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi mendorong para mahasiswa penerima beasiswa yang tergabung dalam wadah Generasi Baru Indonesia (GenBI) daerah itu mampu mencetak prestasi yang membanggakan baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Bayu Martanto di Jambi, Sabtu.

GenBI merupakan wadah mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Selain itu juga sebagai wadah untuk membina dan membangun kepemimpinan serta kewirausahaan disamping mendorong mereka untuk bisa menyelesaikan pendidikannya dengan predikat yang baik.

Bayu menyebutkan, setiap tahun sejak 2015, Bank Indonesia menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa di Jambi sebanyak 100 orang per tahun. Hingga saat ini sebanyak 350 mahasiswa penerima beasiswa BI telah lulus.

Ia mengapresiasi beberapa mahasiswa yang tergabung dalam wadah GenBI Jambi mengukir prestasi setiap tahunnya. Dalam dua tahun beruntun perwakilan GenBI daerah itu mendapatkan penghargaan karya tulis terbaik nasional.

"Mereka harus seimbang, selain memiliki prestasi juga harus memiliki jiwa leadership yang baik pula," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi kegiatan leadership camp bagi para mahasiswa itu, dengan mendatangkan para tokoh dan motivator yang memiliki kapasitas dalam kepemimpinan dan mengasah kemampuan berorganisasi.

Kegiatan menempa kepemimpinan bagi para mahasiswa GenBI Jambi digelar pada Jumat (2/8) di Kantor Bank Indonesia (BI) Jambi.

Terkait cakupan penyaluran beasiswa Bank Indonesia ke depan, menurut dia tidak menutup kemungkinan akan memperluas kesempatan bagi kampus lainnya di Jambi dengan syarat beasiswa itu diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Saat ini program beasiswa Unja baru diakses oleh para mahasiswa dari Universitas Jambi dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019