Rumah Kreatif BUMN PLN Jambi memberikan inspirasi bagi para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Nusa Tenggara Timur yang secara khusus mengunjungi fasilitas pengembangan dan inkubasi bisnis UMKM di Jambi itu, sekaligus untuk menanamkan virus kewirausahaan bagi para pelajar itu. 

Sebanyak 22 orang siswa SMA/SMK dan tiga siswa berkebutuhan khusus asal NTT, guru pendamping dan PT Pelindo III serta PT Garam, mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dibina PT PLN di Jambi, Sabtu.

Dalam kunjungan peserta SMA asal NTT tersebut, di lokasi RKB yang berada dikawasan Jelutung, Kota Jambi tersebut, para siswa diterima langsung oleh Manajer PLN UP3 Jambi, Haris Andika bersama beberapa instruktur di sana yang siap memberikan pendampingan dan penjelasan.

Haris Andika dalam sambutannya mengatakan, kunjungan para siswa asal NTT tersebut diharapakan bisa dijadikan pengalaman bagi para generasi muda Indonesia khususnya siswa SMA/SMK untuk menapak masa depan, khususnya untuk terinspirasi dan berminat untuk menekuni dunia kreatif dan bisnis.

RKB merupakan wadah dari para pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya melalui beberapa fasilitasi dan pendampingan bisnis. Kunjungan itu  bisa menjadi modal pengetahuan dan pengalaman bagi para siswa yang nantinya dapat bermanfaat bagi mereka di masa  yang akan datang.

Pada  peserta SMN asal NTT tersebut di RKB Jambi menerima beberapa materi dan pengalaman dari pihak pengelola Rumah Kreatif BUMN yang dikelola PT PLN dengan memberikan penjelasan bahwa tempat tersebut sering dijadikan tempat untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola produk hingga strategi penjualnya.

RKB merupakan fasilitas yang dibangun oleh BUMN untuk pengembangan kapasitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. RKB PLN juga dikunjungi oleh peserta SMN sebelumnya yakni dari Maluku Utara pada tahun 2018 lalu.

Untuk memfasilitasi pengembangan bisnis,  RKB Jambi juga telah bekerjasama jejaring online belanja.com.  Pada siswa mendapat penjelasan  strategi pemasaran yang efektif untuk para pengusaha kecil dan menengah dalam memasarkan produknya melalui  jaringan  internet.

Para peserta SMN asal NTT, juga diberikan kesempatan bagaimana pelajar bisa menjual produknya melalui jejaring sosial belanja.com. Para pelajar dari Nusa Tenggara Timur itu sangat antusias mendapatkan pengalaman tersebut dan banyak melakukan dialog serta menyampaikan pertanyaan kepada isntruktur.

Sehari sebelumnya, para pelajar itu juga mendapat materi kewirausahaan dari Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Jambi Muhammad Khadapi yang juga membahas potensi bisnis dan pemasaran online di masa depan.

Kunjungan SMN NTT ke RKB PLN Jambi tersebut merupakan  hari ketiga kehadiran mereka di Jambi. Sebelumnya mereka peserta SMN asal NTT  telah mengikuti serangkaian kegiatan seperti bedah buku dan meteri pembekalan dari psikolog dan pengusaha itu, dilaksanakan atas kerjasamai tiga perusahaan BUMN yakni PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya.

Kemudian kegiatan peserta SMN dari NTT selama di Jambi diantaranya makam malam bersama alumni SMN 2018, mengunjungi SMA/SMK unggulan, mengunjungi perpustakaan daerah dan bedah buku diary SMN, mengikuti upacara HUT RI oleh BUMN.

Selanjutnya mengunjungi Rumah Kreatif BUMN, pengenalan satuan TNI dan wawasan kebangsaan di Makorem 042/Gapu dan kunjungan ke Sanggar Batik dan tempat wisata di Jambi seperti Candi Muarojambi dan Geopark Merangin, mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) serta mengunjungi kebun dan pabrik teh, kopi dan kentang Unit Usaha Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019