Perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Geragai Camp PetroChina International Jabung Ltd.  di Muarasabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Sabtu (17/8), lain daripada sebelumnya karena dimeriahkan dengan atraksi kesenian Reog Ponorogo yang dibawakan  oleh sejumlah penari yang berpakaian khas itu.

Kendati jauh dari daerah asal kesenian itu, namun para seniman Reog Ponorogo di Muarasabak itu mampu memainkan tarian yang harus disertai dengan kekuatan dari penari utamanya itu.

Atraksi kesenian khas Jawa Timur itu digelar seusai pelaksanaan upacara bendera HUT ke-74 RI, yang disaksikan langsung  oleh para peserta upacara, para karyawan perusahaan energi itu, termasuk unsur pimpinan manajemen SKK Migas- PetroChina International Jabung. 
 
Hadir pada kegiatan upacara bendera di Geragai Camp itu adalah Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera bagian selatan Adiyanto Agus Nugroho yang bertindak sebagai inspektur upacara, VP human resources and rellations Petrochina International Companies di Indonesia Maryke PY Palunggono, unsur pimpinan manajemen PetroChina International Jabung.

"Penampilan kesenian Reog Ponorogo tadi merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam pengembangan budaya dan kesenian tradisional. Salah satunya memberikan ruang untuk tampil dan berekspresi," kata Maryke PY Palunggono.

Reog Ponorogo yang ditampilkan, ternyata dimainkan oleh seniman setempat yang berasal dari daerah Jawa Timur yang kemudian mengembangkan kesenian itu dan mendapat pembinaan dari PetroChina dalam bentuk kepedulian sosial bagi warga disekitar lokasi perusahaan.

Tak hanya tampil dengan kesenian tradisioanal, manajemen PetroChina juga merayakan HUT RI dengan mengenakan pakaian tradisional Melayu Jambi.

Selain itu, berbagai kegiatan olahraga dan lomba digelar perusahaan itu dengan atlet dari lingkungan karyawan. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan adalah futsal, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis dan catur. 

Selain itu, pada Sabtu (17/8) siang juga dilakukan perlombaan panjat pinang yang memberian keseruan tersendiri bagi peserta. 



 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019