Kabupaten Merangin Provinsi Jambi memiliki pesona wisata yang indah dan asri, seperti air terjun, bukit-bukit bebatuan, hutan yang masih sangat alami, sungai, danau bahkan gua pun juga ada di sana.

Berbicara tentang gua, tentu yang ada di pikiran  adalah gua merupakan tempat yang gelap dan sepi, namun tentu akan keindahan yang tersembunyi di dalamnya.

Gua Singgering, adalah gua pariwisata yang masih belum banyak di ketahui keberadaannya dan masih belum begitu banyak terpublikasikan. 
Gua Singgering terletak di Desa Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi.

Berlokasi kurang lebih 50 kilometer dari kota Bangko. Perjalanan menuju Gua Singgering ini dapat ditempuh selama satu jam dengan berjalan kaki di jalan setapak, karena akses jalan yang curam serta banyak terdapat bebatuan dan aliran sungai. Kendaraan bermotor pun sulit untuk menempuh lokasi kecuali oleh pengemudi yang profesional.

Gua ini memiliki keunikan yang sangat menarik dimana bebatuannya memiliki corak dan bentuk yang berbeda-beda, kita juga bisa melihat berbagai bentuk stalaktit dan stalaknit, butiran-butiran air nampak berkilau saat di sorot cahaya lampu. Di dalam itu  sangat gelap maka dibutuhkan alat penerangan untuk melakukan penyusuran.

 Di dalam gua juga terdapat kehidupan hewan seperti kelelawar, burung walet, ikan, udang dan hewan liar lainnya. Gua ini dialiri oleh air sungai yang bermuara ke Sungai Mesumai. 
 
Di sekitar mulut gua juga terdapat air terjun dengan ketinggian empat sampai lima meter.

"Gua Singgering memiliki panjang sekitar 305 meter dan lebar sekitar 20 meter, tinggi goa kurang lebih 25 meter dengan akses pintu masuk goa kurang lebih 10 meter," kata Mulyadi, pemuda desa Tiangko.

"Gua Singgering ini sering di kunjungi oleh wisatawan, kadang mereka berkemah di dalam dan di sekitaran gua ini, bahkan goa ini juga sudah pernah di kunjungi oleh para petualang.
 
Menurut dia, gua Singgering merupakan destinasi yang wajib di kunjungi bagi para pecinta alam, karna banyak keindahan yang tersimpan di dalam goa tersebut, keasrian alamnya pun akan membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di sana.

Pewarta: Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019