Program Magister Ilmu Hukum Pasca Sarjana Universitas Jambi (Unja) berkerja sama dengan Badan Abitrase Nasional Indonesia (BANI) mengelar seminar nasional bertema "Peran Riset Terhubung dalam Pengembangan Hukum Nasional" di Kota Jambi, Sabtu.

Dalam seminar nasional yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan dan latar belakang baik dari akademisi maupun praktisi itu mendatangkan sejumlah pembicara nasional dengan berbagai materi.  

Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D yang juga pakar hukum perbandingan di Kampus Unja itu  tampil pada kesempatan pertama sebagai pembicara utama dengan judul "Peran Riset Terhubung dalam Pengembangan Hukum Nasional".

Nara sumber Prof Dr Joni Emirzon FC Barb yang juga Ketua BANI perwakilan Palembang menyampaikan paparannya dengan tema "Peran BANI dalam Pengembangan Hukum Nasional".

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya membawakan judul paparannya "Pentingnya Hasil Penelitian dalam Pembaharuan Hukum Nasional".

Sedangkan pembicara ketiga Dr Bahrul Ulum dari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN-STS) Jambi menyampaikan tema "Riset Kajian Islam di Perguruan Tinggi dan Hubungannya dengan Pengembangan Hukum".

Pembicara dari UIn STS,  Dr Bahrul Ulum mengupas terkait kurangnya penelitian terkait pengembangan hukum nasional. Ia mencontohkan UIN Raden Fatah Palembang menjaring 150 Judul tapi hanya ada delapan judul terkait pengembangan hukum nasional.

Lembaga terkait di kampus harus menangani permasalahan riset. Salah satunya dana penelitian agar tidak tergantung kepada anggaran yang diberikan pemerintaha. Ia menyebutkan ada  cara lain seperti menjalin kerjasama dengan instansi lain, sambungnya.

Dr Bahrul Ulum menyampaikan untuk mendukung riset yang terhubung perlu adanya sinergi antara universitas agar menghasilkan output yang baik, penentu topik yang baik dan  tepat sasaran serta yang paling penting penelitian harus untuk kepentingan umat.

Kegiadan seminar tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi paralel.

Seminar yang di hadiri ratusan peserta yakni  mahasiswa,  dosen dan  praktisi hukum. Hadiri perwakilan dosen hukum dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera antara lain dari UMR (Riau), Unand (Padang), Universitas Adiwangsa (Jambi), Unsri (Palembang), UIN STS (Jambi) dan Unja ..

Pewarta: Uli Bastino

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019