Koordinator Data dan Infromasi Klimatologi Muaro Jambi, Sri Utami Widia Astuti, Jumat (27/9)  di  Jambi mengatakan perkiraan analisis iklim di Provinsi Jambi pada bulan Oktober 2019  intensitas hujan masih rendah.

"Perkiraan analisis iklim dan cuaca pada bulan Oktober mendatang di perkirakan masih berada di kategori rendah, yakni antara 0 milimeter sampai 100 milimeter. 

Sifat hujan yang diprediksi oleh stasiun klimatologi Muaro Jambi pada bulan Oktober sebagian besar wilayah Provinsi Jambi berada pada kategori dibawah normal kecuali dibagian Tebo bagian utara di kategorikan normal, " kata  Sri.

Menurut dia, instensitas hujan meningkat pada bulan November dan Desember.

 Perkiraan curah hujan pada bulan November sudah mulai meningkat, diperkirakan sebagian besar wilayah provinsi Jambi akan berada pada kategori menengah hingga tinggi, yakni menengah antara 200 milimeter sampai 300 milimeter, tinggi antara 300 milimeter sampai 400 milimeter. 

Sifat hujan pada bulan November masih dikategorikan menengah namun ada sedikit  rendah di Kabupaten Muaro Jambi dan Batanghari sebelah Timur.

"Kemudian perkiraan bulan Desember sebagian besar wilayah Provinsi Jambi berada pada kategori normal, bisa diatas normal tapi dibagian wilayah Sarolangun dan Merangin, perkiraan curah hujan pada bulan Desember dikategorikan menengah hingga tinggi, " kata Sri menambahkan.

Pewarta: Erwin Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019