Ribuan siswa di Kota Jambi menerima bantuan biaya pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat senilai total Rp1,65 miliar.

"Penerima bantuan adalah 3.614 siswa kategori ekonominya termasuk kurang mampu, kaum duafa, fakir miskin, fisabilillah, pembantu masjid, musafir dan mualaf," kata Ketua Baznas Kota Jambi, Drs. H Amsin Main, di Jambi, Senin.

Bantuan biaya pendidikan diberikan kepada siswa-siswi SD, MI, DPA, SMP, MTS, MA Negeri dan Swasta, Mahasiswa/i S1 di kota itu. Total bantuan dana pendidikan yang diserahkan kepada siswa-siswi tersebut berjumlah Rp1,65 miliar.

Amsin Main menjelaskan dana yang disalurkan merupakan dana infak dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah kota itu. Bantuan biaya pendidikan tahun ini mengalami peningkatan dari  sebelumnya.

Dana yang dikeluarkan oleh Baznas kota itu merupakan dana kewajiban dari para ASN pemerintah kota Jambi, ASN kementerian agama kota Jambi, pegawai-pegawai swasta dan perusahaan-perusahaan yang ada di kota Jambi. Bahkan juga terdapat dana pemberian dari non-muslim.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha berharap bantuan pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melengkapi kebutuhan sekolah siswa-siswi tersebut. Bukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat, tadi saya menekankan kepada para orang tua agar uang yang diberikan tidak untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, tetapi dibelikan terkait kebutuhan dan perlengkapan belajar anak," kata Wali Kota jambi Syarif Fasha.

Dengan diberikannya bantuan biaya pendidikan, diharapkan dapat mengurangi beban biaya bagi keluarga yang kurang mampu agar tetap bersekolah dengan baik.

Penyerahan bantuan biaya pendidikan tersebut dilaksanakan di Ruang Pola, Kantor Wali kota Jambi, dihadiri perwakilan Baznas dan jajaran terkait, guru pendamping serta orang tua wali murid.

Pewarta: Muhammad Hanapi/Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019