Rabu (2/10) esok Universitas Jambi (Unja) akan melakukan penyaringan calon rektor Unja periode 2020 hingga 2024.

"Dari lima orang bakal calon rektor yang lulus tahap penjaringan, besok akan dilakukan penyaringan menjadi tiga calon rektor yang akan bersaing menjadi rektor Unja," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unja Dr. H. Fauzi Syam di Jambi, Selasa.

Lima bakal calon rektor Unja yang akan mengikuti tahap penyaringan tersebut yakni Dr. Sahuri I, S.H, M.Hum, Prof. Elita Rahmi, S.H, M.Hum, Prof. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D, Prof. H. Johni Najwan, S.H, M.H, Ph.D dan Prof. Haryadi, S.E, M.MS.

Dijelaskan Fauzi Syam, setelah dilakukan penyaringan calon rektor, tahapan selanjutnya yakni pemilihan rektor Unja periode 2020 hingga 2024. Dimana pemilihan calon rektor tersebut akan dilaksanakan pada November 2019 di Universitas Jambi.

Yang memiliki hak suara dalam pemilihan rektor Unja tersebut yakni Ketua beserta anggota Senat Unja dan Kementrian Kemeristekditi. Dengan presentasi, 65 persen suara senat Unja dan 35 persen dari Kemenristekdikti. Dan sistim pemilihan rektor Unja tersebut dilakukan seperti Pemilihan Umum (Pemilu).

"65 persen hak suara Senat Unja tersebut terdiri dari 56 orang Senat Unja yang memiliki hak suara," kata Dr. H. Fauzi Syam.

Sementara itu, dalam tahap penyaringan nanti yang menentukan bakal calon rektor tersebut lulus tahap penyaringan yakni Senat Unja dalam rapat tertutup Senat Unja.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019