PT Brahma Binabakti (BBB) menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Jambi dan Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano untuk pembiayaan kebun sawit rakyat melalui pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus dan program BNI Wirausaha Komersial (BWU) di Kantor Cabang BNI Jambi,

"Penandatangan ini merupakan langkah penting atas kelanjutan dari perjanjian kerjasama antara PT BBB dengan KUD Akso Dano dalam program peremajaan kebun sawit rakyat atau plasma yang telah dilakukan pada 2018. Pada perjanjian ini, BNI akan memberikan pinjaman kredit untuk peremajaan kebun sawit rakyat atas nama KUD Akso Dano," kata Direktur Utama PT BBB, George Oetomo, Rabu.

Program peremajaan kebun sawit rakyat atau plasma ini diharapkan dapat mendorong kegiatan ekonomi yang lebih produktif, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para petani kelapa sawit yang berada di Kabupaten Muarojambi untuk jangka panjang.

Program peremajaan kebun sawit rakyat merupakan upaya pengembangan perkebunan dengan meremajakan kembali tanaman yang sudah rendah produktivitasnya dengan tanaman baru. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman sawit sehingga menghasilkan produk minyak sawit yang berkualitas.

Dalam program ini, PT BBB akan menggunakan bibit unggul bersertifikat dengan menjalankan Good Agricultural Practices dan prinsip keberlanjutan agar hasil produksi Tandan Buah Segar (TBS) plasma memiliki mutu yang tinggi sesuai dengan standar yang diharapkan.

Kegiatan peremajaan sawit rakyat ini merupakan salah satu komitmen Pt BBB kepada mitra binaannya yaitu KUD Akso Dano, agar dapat menghasilkan produk minyak sawit (CPO) yang sangat baik.

Sementara itu Senior Estate Manager PT BBB, Parlinggoman mengatakan selain itu juga dapat memberikan kesempatan para petani untuk memiliki kebun dengan benih kualitas unggul yang dapat menaikkan pendapatan mereka dan kami juga sangat berterima kasih kepada BNI atas komitmen mereka dalam memberikan pembiayaan untuk mendukung program.

Sedangkan Pimpinan BNI Cabang Jambi, Ilham Adi Soenarto mengatakan kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan PT BBB dan KUD Akso Dano dalam Program Peremajaan Kebun Sawit Rakyat dan dengan kerjasama ini membuktikan kontribusi BNI selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agen pembangunan dan bisa memberikan KUR dengan tujuan pemberdayaan dan kesejahteraan para petani.

Ketua KUD Akso Dano, Amrullah menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang dilakukan oleh PT BBB dan BNI dan dia berharap agar kerjasama ini dapat berjalan sesuai harapan dan dapat berkelanjutan. Pada tahap pertama ini, KUR yang disalurkan untuk pembiayaan lahan kebun seluas 148 Hektar.

Pada Mei 2019, PT BBB bersama KUD Akso Dano telah melakukan penanaman perdana Program Peremajaan Kebun Sawit Rakyat yang di Area Plasma BBB, di Desa Suko Awin Jaya, Sekernan, Muaro Jambi, Jambi seluas 334 hektar dari total 4.334 hektar. Sebagian lahan tersebut merupakan lahan sawit kelompok Suka Maju yang bergabung dengan KUD Akso Dano merupakan kemitraan diantara BBB dan KUD Akso Dano telah berlangsung sejak tahun 1994.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019