Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik dan kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Mukhtar Bakti mengunjungi Kabupaten Kerinci dalam rangka menandatangani MoU dan sosialisasi serta memberikan kuliah umum tentang program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di IAIN Kerinci, Rabu (23/10).

Deputi Balitbang dan Kepala BKKBN Jambi pertama langsung bertemu dengan Bupati Kerinci Adirozal untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan program KB yang telah berjalan di Kerinci serta menjelaskan bagaimana menyiapkan 1.000 hari kehidupan untuk bentuk SDM yang mampu bersaing secara global.

"Tugas BKKBN itu mulai dari calon penduduk atau janin, yang dikandung, hingga lahir dari bayi tiga tahun (batita), bayi lima tahun (balita) dan tumbuh kembang dari Sekolah Dasar (SD) menjadi remaja, pasangan usia subur dan menjadi orang tua hingga menjadi lansia yang tangguh. Dan ini merupakan tugas pokok dan fungsi dari BKKBN," kata Martua Damanik

Dia menjelaskan, di bawah BKKBN tersebut ada 1.000 hari pertama kehidupan. Pertama Bina Keluarga Balita (BKB), melalui tenaga di lapangan untuk mengedukasi ibu dan ayah untuk mempersiapkan dirinya dan kandungannya. Kedua pilarnya adalah Bina Keluarga Remaja (BKR), remaja yang produktif dan positif. Dan BKR ini tantangannya sangat besar sekali adalah masalah keluarga, yakni tentang pernikahan dini dan narkoba, agar remaja ini bisa menjadi lolos dan memasuki orang tua yang hebat.  

"Ketiga yaitu Bina Keluarga Lansia (BKL), mempersiapkan pasangan orang tua hebat dan tidak menjadi lansia yang sakit-sakitan alias menjadi lansia yang tangguh," kata Martua Damanik.

Bupati Kerinci Adirozal menyambut baik kehadiran Deputi Litbang BKKBN pusat dan kepala perwakilan BKKBN Jambi di Kerinci dalam rangka sosialisasi dan menjadi pembicara pada kuliah umum di perguruan tinggi. Bupati mendukung program perguruan tinggi peduli kependudukan di Kerinci.

"Di Kerinci ada lima perguruan tinggi yakni IAIN, AKPER, STIE, STIA, AMIK. Kehadiran BKKBN di kampus tentu akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi generasi muda, agar program KB dapat berjalan baik dan peningkatan SDM generasi masa depan yang lebih baik. Dan pada hari ini, BKKBN Jambi juga akan menandatangani MoU dan memberikan kuliah umum program KKBPK di IAIN Kerinci," ujarnya.

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019