Gubernur Jambi Fachrori Umar melepas Kontingen Jambi menuju Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera ke-10 yang akan berlangsung di Bengkulu pada 3-9 November 2019 dan Jambi akan mengikuti 11 cabang olahraga sebagai babak prakualifikasi PON.

Dalam acara itu, Gubernur Jambi H Fachrori Umar, di Jambi Senin, selain melepas Kontingen Jambi menuju Porwil se-Sumatera, juga melepas kontingan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV dan Peparpenas IX tahun 2019.

Pelepasan kontingen ini ditandai dengan penyerahan pataka dari Gubernur Jambi kepada Ketua Kontingen Porwil Jambi Indra Armendaris, yang bertempat di ruang pola Kantor Gubernur Jambi. Dalam acara itu juga hadir seluruh atlet, pelatih dan ofisial Provinsi Jambi yang akan berlaga di Porwil, Popnas dan Peparpenas.

Dalam arahannya Gubernur Jambi, Fachrori Umar meminta agar seluruh atlet bisa memberikan yang terbaik bagi Provinsi Jambi, yaitu dengan meraih prestasi setinggi-tingginya dengan rekor-rekor baru dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas serta senantiasa menjaga nama baik Provinsi Jambi.

Turut hadir dalam pelepasan kontingen tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Mahyudin, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah, para pelatih, ofisial dan para atlit, serta para OPD terkait.

Fachrori menyampaikan Porwil Sumatera ke-10 yang akan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu dan Pekan Olahraga Paralimpic Pelajar Nasional (Peparpenas IX, serta Pekan Olahraga Pelajar Nasional XV yang akan dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta merupakan pertandingan/perlombaan tingkat nasional bersifat multieven.

"Pertandingan ini merupakan tolok ukur pembinaan prestasi olahraga tingkat nasional, sekaligus gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap daerah sesuai dengan cabang olahraga di daerahnya masing-masing," kata Fachrori.

Untuk meraih prestasi itu tidak mudah, dibutuhkan kerja keras dan disiplin yang tinggi serta dukungan dengan penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

Pada kesempatan itu, gubernur mengimbau segenap jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga dan KONI Provinsi Jambi untuk lebih meningkatkan pembinaan olahraga di Provinsi Jambi.

"Mari sama-sama kita berikan dorongan kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang olahraga untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam pembangunan olahraga agar prestasi olahraga kita tidak terlalu jauh tertinggal dari daerah lain," kata Fachrori.

Selain itu, gubernur juga minta atlet yang akan mengikuti pertandingan untuk menjadikan kepercayaan ini sebagai suatu kehormatan yang harus diperjuangkan dan dipertahankan. "Di pundak kalian, amanah dan harapan seluruh masyarakat Provinsi Jambi dititipkan agar mendapatkan prestasi yang menggembirakan," ucapnya.

Gubernur minta atlet untuk bertanding dengan penuh semangat serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, raih prestasi setinggi-tingginya dan jadikan forum perhelatan olahraga sebagai wahana untuk menunjukkan prestasi terbaik, serta jangan lupa selalu menjaga nama baik Provinsi Jambi dan menjaga kekompakan dari awal sampai akhir even.

Sementara itu, Ketua KONI sekaligus Ketua Kontingen Provinsi Jambi, H Indra Amendaris menyampaikan kegiatan olahraga ini dibiayai oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, dengan tujuan sebagai ajang pembinaan prestasi olahraga pelajar yang ada di provinsi itu sekaligus sebagai tolok ukur keberhasilan para pelaku dan pembina olahraga di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi.

Pada Porwil tahun ini, ada 11 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yaitu tinju, biliar, renang, catur, panjat tebing, muathay, voli, kempo, atletik, sepak bola dan bulu tangkis.

Pada Peparpenas akan mempertandingkan lima cabang olahraga yaitu atletik, bulu tangkis, tenis meja, renang dan catur, sedangkan di POPNAS akan mempertandingkan 10 cabang olahraga yaitu cabang olahraga Atletik, angkat besi, dayung, judo, panahan, pencak silat, renang, taekwondo, karate, dan tarung derajat.

Porwil X akan dilaksanakan pada 3-9 November 2019, diikuti 274 atlet dan ofisial, Peparpenas yang dilaksanakan di DKI Jakarta pada tanggal 8-14 November 2019 yang diikuti 30 orang atlet dan ofisial, dan untuk Popnas akan diselenggarakan di DKI Jakarta pada tanggal 16-22 Nopember 2019 yang akan diikuti kontingen sebanyak 91 atlet dan ofisial.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019