Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jambi (UNJA)   menggelar Seminar Nasional dengan tema  "Merancang Arah Baru Tata Kelola Politik dan Pemerintah di Ranah Lokal" di Hotel BW Luxury Kota Jambi.

Tema itu diusung  karena Indonesia merupakan negara hukum yang dapat memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH PhD yang juga memberikan masukannya. Kemudian nara sumber kegiatan itu adalah peneliti senior dari LIPI Prof Dr Syamsuddin Haris MSi,  Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Dr Muryanto Amin serta Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi Dr Jafar Akhmad.

Prof Dr Syamsuddin Haris MSi menyampaikan materinya terkait problem dan tantangan demokrasia lokal pada era otonomi daerah.

"Satu kunci yang membuat negara bisa lebih baik lagi adalah berada pada partai politik. Bila  bisa membenahi partai politik, Insya Allah negara ini akan lebih baik.  Akan tetapi membenahinya itu tidak mudah," katanya.

Dr Muryanto Amin MSi juga menjelaskan bahwa dalam proses politik rekayasa pemilu lokal perlu dievaluasi untuk mereduksi akses negatif yang sulit memberikan dampak positif terhadap pembangunan lokal.

Menurut dia dalam pemerintahan yang inovatif dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan pekerja agar keluar dari midle income trap dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan dan mengali nilai-nilai kearifan lokal untuk mendukung budaya kerja.

Sementara itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan menyebutkan kegiatan seminar tersebut sangat strategis dan bisa memberikan rujukan untuk langkah pembangunan hukum dan politik di Indonesia.

Menurut dia kegiatan diskusi dan seminar seperti itu  akan menghasilkan ide yang dibutuhkan dan menjadi solusi untuk pemerintah.

 

Pewarta: Fina Indriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019