Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi yang bekerja sama dengan  Advanced Knowledge and Skill For Sustainable Growth (AKSI) dan Asian Development Bank (ADB) mengadakan kegiatan  pelatihan reviewer internal penelitian lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan yang diikuti oleh para peneliti Unja tersebut dilaksanakan di ruang Gaharu 1 Hotel BW Luxury Jambi.

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber Prof Suryono dari Universitas Riau yang merupakan reviewer nasional berpengalaman tingkat nasional di Ristek Dikti.

Dalam kegiatan tersebut Suryono banyak mejelaskan beberapa hal penting salah satunya tentang  delapan tahapan pengelolaan penelitian sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 69 tahun 2016 tentang pengumuman, pengusulan, penyeleksian/penunjukan, penetapan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, penilaian luaran.

Ia menyampaikan arahan untuk melakukan penelitian yang dalam kurun waktu tertentu sampai ke penggunaan dan memberi manfaat bagi masyarakat

Dia juga menjelaskan beberapa panduan kategori dan skema penelitian seperti kategori penelitian kompetitif nasional, kategori penelitian desentralisasi dan kategori penelitian penugasan.

Acara berlanjut dengan adanya sesi tanya jawab, dimana sesi ini berlangsung secara interaktif, baik dari sisi pembicara maupun peserta yang kerap kali mengajukan pertanyaan dengan demikian, tidak ada lagi keragu-raguan tentang kejelasan materi yang telah disampaikan.

 

Pewarta: Erwin Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019