"Berikan aku 1.000 orang tua niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia". Itulah salah satu kutipan pesan dari Pahlawan Nasional Ir Soekarno yang dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto pada upacara peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Jambi dipusatkan di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Jambi diwakili Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani Syaharuddin.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 diikuti anggota TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Jambi dan unsur organisasi pemuda serta pelajar.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menegaskan momentum peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan hari ini jangan diartikulasikan secara seremonial saja.

"Jadi bagaimana kita mengkhidmatkan betul jasa-jasa pahlawan kita, antara tetesan air mata dan darah untuk kemerdekaan bangsa Indonesia ini," ujarnya.

Edi juga mengatakan sejarah itu jangan sampai menjadikan kita larut dan terlupa kepada mereka. Ia juga menegaskan jangan sekali-kali melupakan sejarah.

"Dengan sejarah itulah kita akan mengukir sejarah baru, peradaban baru untuk Indonesia lebih maju di 2045," tegasnya.

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November, Ketua DPRD Provinsi Jambi bersama Forkopimda lainnya juga melaksanakan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Thehok, Kota Jambi dilanjutkan tabur bunga di makam pahlawan.

Pada pelaksanaan upacara ziarah nasional itu, bertindak sebagai inspektur upacara Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS.***
Pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, Minggu (10/11). (ANTARA/HO/Humas DPRD)


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019