DPRD Provinsi Jambi menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pengantar Ranperda Provinsi Jambi tentang Inovasi Daerah di gedung DPRD Provinsi Jambi, Rabu.

Rapat paripurna dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra didampingi Wakil Ketua Pinto Jayanegara dan Burhanuddin Mahir dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mewakili Gubernur Jambi dalam penyampaian nota pengantar Ranperda Provinsi Jambi Tentang Inovasi Daerah itu mengatakan inovasi daerah ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik secara optimal dengan sasaran untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

"Usulan Ranperda tentang Inovasi Daerah tentunya tidak dibatasi hanya berasal dari pemerintah daerah, namun juga dibuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat," kata Sekda.

Inovasi daerah di satu sisi merupakan peluang bagi daerah untuk berkreatifitas, berkarya, melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintahan daerah yang dalam pengembangannya masih menjadi tantangan besar bagi penyelenggara inovasi seperti di Provinsi Jambi.

"Tantangannya adalah kapasitas kelembagaan dan SDM yang kurang optimal dalam upaya pengembangan inovasi selain itu antusiasme masyarakat dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas pengembangan ekonomi maupun promosinya juga masih kurang," ujar Sekda.  

Bahkan menurut Sekda, inovasi daerah berpotensi menyebabkan terjadinya penyalahgunaan wewenang. Untuk itu dirinya berharap dalam Peraturan Daerah diatur batasan mengenai hal tersebut yaitu dengan pengaturan secara rinci dan jelas mengenai prinsip, kriteria dan mekanisme inovasi daerah sebagai suatu kebijakan daerah. Hal tersebut sangat penting guna menghindari adanya penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaannya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra mengatakan usulan Ranperda Provinsi Jambi tentang Inovasi Daerah selanjutnya akan dibahas fraksi DPRD Provinsi Jambi.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019