Dokter Immanuel dari Puskesmas Lubuk Kambing Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) terpilih menjadi dokter umum teladan di daerah itu pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) diri yang digelar di halaman kantor Bupati Tanjabbar di Kualatungkal, Senin.

Penyerahan penghargaan kepada dokter yang juga peringkat kedua dokter teladan tingkat Provinsi Jambi itu juga diberikan oleh Bupati Tanjab Barat H Safrial MS. Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada delapan tenaga kesehatan lainnya yang mendapat predikat teladan di bidang masing-masing.

Penghargaan teladan tenaga kesehatan lainnya diberikan kepada dokter gogi drg Devasari Geminastiti untuk kategori dokter gigi, Venny Budi R (perawat), Titin Prihatini (bidan),  Mela Adriati (kesehatan masyarakat), Helma Handayani (kesehatan lingkungan),

Kemudian Dwi Suci Puspasari untuk tenaga laboratorium medik, Supirson Sinaga (ahli gizi) serta  Venny Jaya Suryanti (kefarmasian)

Pada kesempatan itu, Bupati Safrial menyampaikan dua isu utama yang harus diselesaikan terkait prioritas pembangunan sumber daya manusia yakni pencegahan dan pengentasan  stunting serta jaminan kesehatan nasional.

Selain itu ia juga menyebutkan beberapa hal lainnya yang dihadapi masyarakat  seperti tingginya harga obat-obatan, dan rendahnya penggunaan alat kesehatan produksi dalam negeri.

"Penyelesaian permasalahan stunting masih menjadi prioritas meskipun angka stunting mengalami penurunan hampir 10 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir," kata Safrial.

Terkait jaminan kesehatan nasional, bupati menyebutkan bahwa JKN telah dilakasanakan sepenuhnya meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pelaksanaannya.

Menurutnya, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti layanan ini sangat dibutuhkan masyarakat.

"JKN sangat dibutuhkan masyarakat, untuk itu mari kita cari solusi permasalahan yang dihadapai dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata" kata bupati.

Ia menegaskan pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. Hal itu dimaksudkan untuk mengefisienkan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat serta alat kesehatan produk lokal.

Selain serahkan piagam penghargaan bagi tenaga kesehatan teladan, Bupati bersama forkopimda juga meninjau kegiatan sunatan masal yang diselenggarakan di halaman dinas kesehatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55.




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019