Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melepas 174 orang jamaah umroh perdana langsung Lampung menuju Jeddah, Arab Saudi, di Bandara Raden Intan II, Lampung Selatan, Rabu.

Acara peresmian dilakukan dengan pengalungan tapis secara simbolis kepada lima jamaah umroh oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Saya sangat bangga dan haru, karena di tahun 2011/2012 saya juga yang menginisiasi untuk menjadi embarkasi haji antara. Dan hari ini 9,7 juta jiwa penduduk Lampung dapat berangkat umroh langsung dari Lampung ke Jeddah," ujar Arinal.

Peresmian ini merupakan bentuk komitmen Gubernur Arinal dalam mewujudkan bandara internasional dan embarkasi haji penuh 2020.

Gubernur Arinal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Agama atas kemudahan yang diberikan terkait umroh langsung dari Lampung ke Jeddah.

Umroh langsung ini, ungkap Gubernur Arinal akan mengefisiensikan waktu dan biaya.

"Dengan adanya umroh langsung Lampung-Jeddah, maka akan sangat efisiensi biaya dan waktu," tambahnya.

Gubernur Arinal berharap kepada jajaran pemerintah dan masyarakat dapat memberikan informasi umroh ini kepada orang-orang terdekat dan masyarakat sekitar.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat tahu bahwa kita telah ada penerbangan umroh Lampung-Jeddah," katanya.

Gubernur Arinal berharap para jamaah diberikan kesehatan dan kelancaran dalam beribadah.

"Doakan kami untuk dapat melaksanakan umroh, terutama dalam mewujudkan haji langsung dari Lampung ke Jeddah," harapnya.

Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay menjelaskan bahwa pihaknya tetap mendorong berbagai aspek pembangunan di Lampung, termasuk peribadahan umat Islam seperti umroh ini dapat terlaksana.

"Semoga seluruh jamaah diberikan kesehatan selama beribadah hingga kembali dalam keadaan sehat," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor UPBU Kelas I Raden Intan II Asep Kosasih mengungkapkan bahwa umroh langsung dari Lampung ke Jeddah merupakan inisiasi dan terobosan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Terobosan Gubernur Arinal terkait umroh langsung Lampung-Jeddah mendapatkan animo dan perhatian besar dari masyarakat Lampung, " lanjutnya.

Mengingat animo yang besar dari masyarakat terkait umroh ini, maka jadwal penerbangan umroh kedepannya akan terus dilakukan.

"Dengan adanya umroh Lampung-Jeddah ini diharapkan embarkasi haji penuh 2020 dapat segera terwujud," tambahnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019