Universitas Jambi (Unja) melakukan sosialisasi sistim Seleksi Masuk perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) tahun 2020 ke sebelas kabupaten dan kota di provinsi itu.

“Sosialisasi SMPTN tahun 2020 ini langsung dilakukan oleh pimpinan Unja mulai dari rektor hingga seluruh wakil rektor secara road show ke sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi,” kata Rektor Unja melalui Kepala Bagian Humas Unja Akbar di Jambi, Rabu.

Sosialisasi SMPTN tersebut akan di laksanakan dari tanggal 29 November 2019 sampai dengan 20 Desember 2020 di 11 kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Karena, ada perubahan pada sistim SMPTN tahun 2020 tersebut.

Akbar menjelaskan, beberapa perubahan dalam sistim SMPTN tersebut diantaranya registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT.

Pada registrasi akun LTMPT tersebut, pendaftar harus melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah dan pendaftaran SNMPTN yang dilaksanakan dari tanggal 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020.

Selain itu, pada registrasi akun LTMPT tersebut juga harus dilakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN yang dilakukan dari tanggal 7 Februari hingga 5 April 2020.

Lalu terdapat perubahan sistim pada UTBK yang akan dilaksanakan, diantaranya kelompok ujian dikelompokkan dalam kelompok Saintek, Soshum atau campuran, dan pelaksanaan tes dilakukan dalam 14 sesi selama tujuh hari, dalam satu hari dilaksanakan dua sesi.

“Perubahan tahapan pendaftaran dan ketentuan dalam SMPTN itulah yang harus di sosialisasikan, sehingga sekolah dan calon mahasiswa tidak lagi mendapatkan kendala saat melakukan tahapan SMPTN untuk masuk perguruan tinggi,” terang Akbar.

Dari 11 kabupaten dan kota di provinsi itu, Unja akan melakukan road show ke 9 kabupaten kota. Sementara untuk sekolah di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, unja mengundang seluruh sekolah di kota dan kabupaten itu untuk diberikan sosialisasi karena lokasinya yang dekat.

Adapun jadwal atau tahapan UTBK tahun 2020 yakni, registrasi akun LTMPT yang dilaksanakan dari tanggal 07 Februari hingga 11 April 2020, pendaftaran UTBK dari tanggal 30 Maret hingga 11 April 2020, pelaksanaan UTBK dari tanggal 20 hingga 26 April 2020 dan pengumuman hasil UTBK pada tanggal 12 Mei 2020.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019