Petugas pemadam kebakaran (Damkar) menangkap sejumlah biawak cukup besar yang berkeliaran di Jalan Kampung Pulo Harapan, RT 09/10 Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Kamis.

Danton Damkar Kecamatan Cengkareng Daryana menyebut pihaknya mendapat informasi warga yang merasa resah dengan keberadaan reptil di lingkungan warga tersebut.

"Kami mendapat informasi adanya warga yang melapor ke kantor sektor Cengkareng bahwa ada biawak yang berkeliaran di sekitar tempat tinggalnya," kata Danton Damkar Kecamatan Cengkareng Daryana.

Daryana mengatakan proses evakuasi biawak itu memakan waktu sekitar 1,5 jam. Lima orang petugas Damkar dikerahkan untuk menangkap reptil tersebut.

Petugas pun harus menerobos saluran air yang mengendap di sela-sela rumah warga, sebab hewan tersebut bersembunyi di sana.

Tak mengherankan jika aksi petugas Damkar mengevakuasi biawak itu menjadi tontonan warga setempat.

Daryana mengatakan berdasarkan laporan Ketua RT setempat, biawak tersebut membuat warga ketakutan saat beraktivitas, terutama saat melihat biawak tersebut kerap melintas di atap rumah warga pada malam hari.

"Karena memang ukurannya cukup besar, beratnya sekitar 9 kg dan panjang 1,5 meter," kata Daryana.

Atas kesepakatan bersama untuk sementara biawak tersebut dibawa ke kantor Damkar Cengkareng agar tak membahayakan warga.

"Sementara agar aman kami bawa ke kantor, nanti mungkin akan kami serahkan ke kebun binatang," kata Daryana.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019