Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Jambi yang meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dipusatkan di Kota Jambi.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi regional VII di Palembang, lokasi pelaksanaan ujian CAT seleksi CPNS di Provinsi Jambi akan dipusatkan di Kota Jambi,” kata Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi Umar Dani di Jambi, Selasa.

Seluruh pelamar CPNS yang mendaftarkan diri di sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi nantinya akan melaksanakan ujian CAT di Kota Jambi, begitu pula dengan peserta yang mendaftar di instansi vertikal.

Dan terkait sarana prasarana pendukung seperti komputer, Umar belum mengetahui apakah sarana dan prasarana tersebut akan di sediakan oleh pemerintah pusat atau tidak.

Sementara itu, dijelaskan Kepala UPT BKN Jambi April Koni, untuk pelaksanaan CAT CPNS yang melamar atau mendaftar di sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi akan dilaksanakan di Hotel Abadi Suite. Sementara untuk pelamar di instansi vertikal akan dilaksanakan di kantor UPT BKN Jambi.

“Berdasarkan kesepakatan antara 11 kabupaten dan kota bersama pihak UPT BKN Jambi Kanreg VII Palembang, pelaksanaan ujian CAT baik untuk seleksi kompetensi dasar maupun seleksi kompetensi bidang akan dipusatkan di Kota Jambi,” kata April Koni.

Dijelaskan April Koni selain Hotel Abadi Suite, terdapat beberapa opsi hotel lainnya untuk dijadikan sebagai lokasi ujian CAT CPNS yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020 mendatang. Yakni di Hotel Ratu di kawasan Broni dan Hotel Golden Harvest di Simpang Rimbo. Namun hotel Abadi Suite di pilih karena lokasinya yang cukup strategis dan pihak hotel turut menyediakan genset guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Pelaksanaan ujian CAT seleksi CPNS yang akan datang berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena pada tahun sebelumnya beberapa kabupaten ada yang melaksanakan ujian CAT seleksi CPNS di daerahnya sendiri. Seperti Kabupaten Muaro Jambi, Tebo dan Kabupaten Muaro Bungo.

Sementara itu, antusias masyarakat yang mendaftarkan diri pada seleksi CPNS kali ini meningkat dari tahun sebelumnya. Peserta atau masyarakat yang mendaftar dalam seleksi penerimaan CPNS di Provinsi Jambi kali ini mencapai 57 ribu pelamar. Sementara pada tahun sebelumnya hanya terdapat sekitar 30 ribu pelamar.

“Jumlah tersebut seluruh peserta yang mendaftar di sebelas kabupaten dan kota dan di instansi-instansi vertikal,” kata April Koni.


Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019