Pemerintah Kota Jambi masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan sebagai penopang perekonomian masyarakat di Kota Jambi pada 2020.

“Semua jalan menjadi fokus kita, karena itu kebutuhan,” kata Kabid Bina Marga PUPR Kota Jambi Agustiawan di Jambi, Rabu.

Di tahun 2020 Pemerintah Kota Jambi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan sebesar Rp110 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Di dalam alokasi anggaran tersebut. Nantinya akan ada pembangunan jalan lingkungan sepanjang 40 kilometer.

Sepanjang tahun 2019, Dinas PUPR Kota Jambi sudah meningkatkan kualitas jalan lingkungan dengan kualitas K 250, beton ready mix. Pembangunan jalan dengan kualitas tersebut untuk menjamin mutu dan mempersingkat pelaksanaan.

Pada tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kota Jambi tidak hanya membangun dan melakukan pemeliharaan terhadap beberapa ruas jalan. Namun juga akan melakukan rehab jembatan. Ada dua jembatan yang akan direhab Pemkot Jambi pada tahun 2020 mendatang.

Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga akan membangun jalan dengan total panjang sekitar 10 kilometer lebih. Dan jalan yang dibangun tersebut nantinya akan berstatus jalan kota.

Dan di tahun 2019 ini juga terdapat beberapa pekerjaan yang masih menunggu tahap penyelesaian. Sementara ruas jalan yang telah dibangun di tahun 2019 yakni 225 ruas jalan lingkungan dan 12 ruas jalan dengan status jalan kota. Serta terdapat lima ruas jalan yang dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Umar Faruk mengatakan, pihaknya meminta agar PUPR meninjau beberapa pekerjaan fisik yang telah dibangun di tahun 2019 ini. Tujuannya untuk memastikan agar pekerjaan yang dikerjakan berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.

“Kami harap sesuai dengan perencanaan, supaya bermanfaat untuk masyarakat,” kata Umar Faruk.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019