Pemerintah Kota Jambi memberikan bantuan satu unit ambulan khusus anak dan ibu untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Bantuan mobil ambulan ini akan dititipkan di RS Abdul Manaf Kota Jambi, dengan adanya bantuan tersebut dapat melakukan tindakan-tindakan yang bersifat emergensi terhadap ibu hamil,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Salah satu tindakan emergensi yang dapat dilakukan yakni melakukan persalinan di ambulan tersebut. Jika keadaan sudah sangat darurat, maka ibu hamil dapat melakukan persalinan. Dengan catatan persalinan yang dilakukan secara normal. Kecuali proses persalinan nonkonvensional, seperti tindakan operasi tidak bisa dilakukan di ambulan tersebut.

Perlengkapan di dalam mobil tersebut pun sudah cukup memadai, seperti inkubator untuk bayi yang baru saja dilahirkan.

Mobil ambulans tersebut, dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Selain sebagai untuk ibu dan anak, mobil tersebut juga dapat digunakan untuk penyandang disabilitas.

Tidak hanya mobil ambulan, Fasha mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan terhadap mobil pemadam kebakaran keluaran Mercedes Benz tahun 1977. Saat ini diakui Fasha, Kota Jambi satu-satunya di Indonesia, yang memiliki mobil Damkar keluaran tahun 1977 yang masih berjalan dan berfungsi dengan baik.

“Mesinnya masih berfungsi dengan baik, ini tidak hanya menjadi edukasi belajar, namun juga edukasi perawatan mobil. Kita juga sudah membuka diri untuk siapa pun yang mau belajar bagaimana proses penyelamatan, pemadaman dan evakuasi silahkan datang ke Damkar Kota Jambi,” kata Syarif Fasha.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020