Gubernur Jambi Fachrori Umar menyambut baik kunjungan kerja Menteri Senior untuk Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura DR Mohamad Maliki Osman, Consul General of Singapore, Mr Richard Grosse dan Deputy Director of Southeast Asia, Mr. Jeremi Sor dan Country Officer of Southeast Asia, Mr. Wei Zhe Pitt ke Jambi, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Asraf dan kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, Imrom Rosyadi. Pertemuan digelar di Peranginan rumah dinas Gubernur Jambi, 

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan silaturahmi Singapura dengan Pemerintah Provinsi Jambi, sekaligus untuk menjajaki kemungkinan kerja sama kedua belah pihak.

Menteri Senior untuk Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, Mohamad Maliki Osman mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kunjungannya yang kedua kalinya ke Jambi, untuk mempererat hubungan Provinsi Jambi dengan Singapura dan juga dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

"Kita terus mengeratkan hubungan Singapura dengan Indonesia. Minggu lalu, Presiden Singapura, Halimah mengunjungi Indonesia, Jakarta sebagai state visit (kunjungan kenegaraan), ini langkan lanjutan bagi kami untuk terus bekerja sama dengan pusat dan juga dengan provinsi-provinsi," kata Mohamad.

"Kita berbincang dengan Gubernur Jambi, bagaimana kita terus mempererat hubungan dengan kerja sama ekonomi, pelabuhan dan sebagainya. Kami harap dengan kunjungan ini kita dapat melihat bagaimana kita terus boleh melangkah ke depan untuk meningkatkan hubungan Singapura dengan Provinsi Jambi," katanya lagi.

Mohamad mengatakan Singapura ingin membuka peluang untuk untuk pelabuhan langsung ke Jambi dan untuk meningkatkan hasil pertanian di Jambi karena Provinsi Jambi memiliki banyak hasil pertanian, supaya bisa dibawa langsung ke Singapura.

Selain itu, Mohamad menjelaskan, kerja sama untuk peningkatan kemahiran human resources (sumber daya manusia), sebagai salah satu program negara Singapura, yakni Singapore Cooperation Programme, untuk memberi kesempatan kepada pegawai-pegawai untuk provinsi-provinsi ke Singapura untuk dilatih guna meningkatkan kemahiran dari segi pendidikan, water management. 

"Bulan September nanti, satu rombongan akan ke Singapura untuk mempelajari bagaimana kita menangani isu-isu air, bagaimana kita meningkatkan water management kita," katanya menjelaskan.

Setelah pertemuan itu, Gubernur Jambi membawa Mohamad Maliki Osmandan beserta rombongan untuk mengunjungi Masjid Agung Al-Falah dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi.***



 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020