SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. menyerahkan bantuan fisik dan pemberdayaan masyarakat dalam program tanjung jawab sosial perusahaan tahun anggaran (TA) 2019 di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) senilai total senilai Rp3,3 miliar.

Penyerahan total bantuan dari perusahaan energi yang berkantor di Geragai Camp Muarasabak itu diserahkan oleh Vice Presiden Human Resources and Relations PetroChina Indonesia Dencio Renato Boele dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adianto Agus Handoyo kepada Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Romm Haryanto.

Penyerahan bantuan dilakukan di sekretariat kelompok masyarakat Karya Muda Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Gragai Kabupaten Tanjabtim. Lokasi tersebut merupakan Rumah Kompos yang merupakan binaan SKK Migas PetroChina yang mendapat bantuan.

Sejumlah kegiatan yang mendapat fasilitasi dana tanggung jawab sosial itu antaa lain rumah budidaya, perpustakaan desa di Desa Pandan Lagan dan Simpang Tuan, pelatihan serta sejumlah bangunan fisik lainnya.

Vice Presiden Human Resources and Relations PetroChina Indonesia Dencio Renato Boele menyebutkan, sebagai perusahaan yang diikat kontak kerja setiap tahunnya ikut dalam berbagai program kegiatan pembangunan di wilayah operasional, termasuk di Tanjung Jabung Timur.

"Sebagai perusahaan kontrak kerja, SKK Migas PetroChina menganggarkan program tanggung jawab sosial, disinergikan dengan program dari pemerintah daerah setempat. Bantuan itu dalam bentuk fisik, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat," kata Dencio Renato Boele.

Program tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kelompok masyarakat yang diarahkan untuk mendorong gairah dan pertumbuhan ekonomi , yang pada gilirannya dapat meningkatkan pemberdayaan warga.

"Selain bantuan anggaran, juga dilakukan pendampingan dan fasilitasi pembinaan terhadap pembinaan kelompok masyarakat, seperti salah satunya Karya Muda di sini," katanya.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Timur H Rommy Heryanto yang didampingi Wabup Robby Nahliyansah menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd yang telah berandil dalam pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat daerah itu melalui program tanggung jawab sosialnya.

Bupati menyebutkan, dalam beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan energi itu cukup berhasil dan menjadi penggerak kelompok warga. Ia berharap ke depan juga memunculkan variasi program yang bisa lebih beragam dan dirasakan masyarakat.

"Terima kasih SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd  telah berpartisipasi, mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat lagi dengan variasi program yang lebih efektif dan meningkatkan gairah perekonomian warga Tanjabtim," kata bupati.

Pada kesempatan itu, bupati menyodorkan pola tanjung jawab sosial perusahaan-perusahaan di daerah itu melalui kontrak bersama dalam program pembangunan fisik.

"Ke depan kami berharap ada kontrak kerja bersama untuk program tanggung jawab sosial ini, salah satunya dalam pembangunan jalan. Kami minta untuk PetroChina bisa berperan dalam pembangunan jalan Geragai-Mendahara Hilir dengan beton rigid," kata Rommy Heryanto.

Sementara itu Kepala Perwakilan SKK Mugas Sumbagsel Adiianto Agus Handoyo menyebutkan guliran bantuan tanggung jawab sosial tersebut sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020