Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat angka inflasi perdesaan di Jambi tercatat sebesar 0,41 persen, di mana inflasi terjadi pada sepuluh kelompok konsumsi rumah tangga yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau, pakaian dan alas kaki, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga.

Kemudian diikuti kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga, kesehatan, kelompok transportasi, rekreasi, olahraga dan budaya, penyediaan makanan dan minuman atau restoran serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya, kata Kepala BPS Jambi, Wahyudin, di Jambi Kamis.

Sedangkan untuk kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan serta kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan harga.

Berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di sepuluh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi pada Februari 2020, NTP (Nilai Tukar Petani) Provinsi Jambi turun sebesar 3,08 persen dibandingkan bulan sebelumnya yaitu dari 110,47 menjadi 107,07. Penurunan NTP pada Februari 2020 disebabkan indeks harga hasil produksi pertanian yang turun sebesar 2,72 persen sedangkan indeks harga yang dibayar petani naik sebesar 0,37 persen.

Perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK) perdesaan mencerminkan angka inflasi atau deflasi di wilayah perdesaan.

Pada Februari 2020, IHK di wilayah perdesaan Provinsi Jambi sebesar 105,32 atau terjadi inflasi sebesar 0,41 persen. Jika dilihat menurut kelompok konsumsi rumah tangga, inflasi terjadi pada sembilan kelompok yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,48 persen.

Kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,70 persen, perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,10 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,44 persen, kesehatan 0,31 persen, kelompok transportasi 0,32 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,47 persen, penyediaan makanan dan minuman atau restoran 0,04 persen, serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,51 persen.

Sedangkan dua kelompok konsumsi rumah tangga yang tidak mengalami perubahan harga yaitu kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan serta kelompok pendidikan.

"Pada Februari 2020, Kota Jambi secara umum mengalami inflasi sebesar 0,75 persen, di mana IHK Kota Jambi sebesar 104,67," kata Wahyudin.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020