Penyedia jasa angkutan transportasi atau travel di Kabupaten Kerinci dan sekitarnya diwajibkan untuk memastikan para penumpang dalam keadaan sehat dan menggunakan masker.

Hal tersebut merupakan salah satu himbauan yang dikeluarkan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kerinci dalam upaya pencegahan COVID-19 di daerah itu, Selasa.

Penggunaan masker bagi para penumpang, untuk memastikan lalu lintas dan pergerakan orang di wilayah Kerinci dan Provinsi Jambi pada umumnya berlangsung aman dan terlindungi di tengah meningkatnya penyebaran penyakit yang diakibatkan virus corona itu.

Kabupaten Kerinci yang berada di kawasan Provinsi Jambi bagian barat merupakan salah satu daerah tujuan wisata dan memiliki lalu lintas transportasi umum, khususnya travel, yang cukup banyak.

Himbauan kepada perusahaan travel tersebut merupakan satu dari 16 point himbauan Forkopimda Kabupaten Kerinci yang ditandatangani oleh Bupati Kerinci H Adirozal, Ketua DPRD Kabupaten Kerinci, Dandim 0417 Kerinci, Kapolres Kerinci, Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh, Ketua Pengadilan Negeri Sungai Penuh dan Ketua Pengadilan Agama Sungai Penuh.

Pada himbauan itu, Forkopimda meminta masyarakat untuk tenang dan tidak panik, waspada dan cerdas menyikapi informasi, situasi dan kondisi terkait corona. Membudayakan hidup sehat dan bersih, melaksanakan pembatasan atau social distancing, tidak menyebarkan hoaks,menunda izin keramaian, tak menimbun bahan makanan pokik dan alat pelindung diri serta memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan bila mengalami gejala demam, batuk dan sakit tenggorokan secara bersamaan.

Selain itu, Forkopimda Kabupaten Kerinci juga meminta Dinas Kesehatan, pemerintah kecamatan dan desa untuk memantau kedatangan orang atau keberangkatan di wilayah masing-masing.

Sebelumnya Pemkab Kerinci bersama Polres dan Kodim Kerinci telah mendirikan posko bersama di perbatasan kabupaten itu untuk memastikan pencegahan penyebaran corona melalui lalu lintas orang di perbatasan daerah.

Selain di Kabupaten Kerinci, sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi telah melakukan langkah antisipasi dan pencegahan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di daerah masing-masing.




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020