Pelaku usaha sewa jasa perahu di Kota Jambi menurun drastis  terdampak wabah COVID-19 dan  banjir luapan Sungai Batanghari.

“Kita pelaku usaha jasa sewa perahu tidak hanya terdampak pandemi COVID-19, saat ini juga terdampak banjir,” kata Pelaku usaha sewa perahu di Pasar Angso Duo Kota Jambi Abdul Mutalib di Jambi, Selasa.

Dijelaskannya sejak pandemi COVID-19 pelanggan yang biasanya menggunakan jasa sewa perahu tidak lagi menggunakan jasanya. Hal itu dikarenakan banyak warga yang lebih memilih untuk berdiam di rumah.

Selain itu, biasanya pengguna jasa sewa perahu tersebut merupakan karyawan yang bekerja di swalayan dan mal-mal. Namun sejak wabah COVID-19 mewabah, banyak karyawan swalayan dan mall yang dirumahkan. Sehingga hal tersebut juga terdampak terhadap pengguna jasa sewa perahu.

Persaingan antar sesama pemberi jasa sewa perahu juga tidak bisa dielakkan. Sebab banyak warga Kota Jambi yang turut menggantungkan pencariannya dengan memberikan jasa sewa perahu di Pasar Angso Duo tersebut.

“Dalam satu hari biasanya kita dapat Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, saat ini untuk mendapatkan Rp50 ribu dalam satu hari sudah sulit,” kata Abdul Mutalib.

Bahkan tidak jarang pelaku usaha sewa perahu harus gigit jari karena tidak ada warga yang menggunakan jasa yang mereka tawarkan.

Selain itu, saat bencana banjir saat ini pelaku usaha jasa sewa perahu harus mengeluarkan modal yang lebih besar. Sebab jarak tempuh di saat bencana banjir lebih jauh, sehingga biaya bahan bakar yang dikeluarkan untuk mesin perahu lebih besar.

“Biasanya satu hari itu cukup satu liter, namun pada saat banjir seperti saat ini bisa menghabiskan minyak hingga tiga liter sebab jarak tempuh yang jauh dan air yang bergelombang,” kata Abdul Mutalib.

Hal senada di ungkapkan oleh pelaku usaha sewa perahu lainnya Aminudin. Dikatakannya tidak jarang ia harus menunggu hingga larut malam menunggu warga yang akan menggunakan jas sewa perahu miliknya.

“Pernah sehari itu kita hanya dapat Rp10 ribu, tapi mau bagaimana lagi,” kata Aminudin.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020