Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jambi menyalurkan sebanyak 30 ribu paket sembako Jejaring Pengaman Sosial (JPS) tahap III kepada masyarakat yang perekonomiannya terdampak pandemi COVID-19.

“Setiap tahap JPS bantuannya meningkat, tahap III kembali meningkat karena semakin banyak masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Bantuan tersebut disalurkan secara serentak di 11 kecamatan di Kota Jambi. Masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan kesejahteraan sosial dari pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan kesejahteraan sosial lainnya.

Bantuan tahap III tersebut sengaja disalurkan menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah sebagai persiapan masyarakat untuk menyambut Lebaran.

Bahan makanan dan bahan pokok dalam paket sembako tersebut juga berbeda dari bantuan JPS sebelumnya karena isi paketnya lebih banyak dibandingkan dengan bantuan JPS sebelumnya

Paket sembako JPS tahap III tersebut terdiri atas beras 10 kilogram, gula 1 kilogram, minyak sayur 1 kilogram, 2 sachet mentega, 2 kaleng susu, tepung 2 kilogram dan 2 botol sirup.

“Bantuan ini memang berbeda mengingat warga sebentar lagi akan menyambut hari raya Idul Fitri,” kata Syarif Fasha.

Ia berharap bantuan JPS tahap III tersebut tidak diperjualbelikan oleh penerima bantuan karena bantuan itu diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, ia berharap bantuan tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi akan menyalurkan JPS tahap selanjutnya hingga pandemi COVID-19 mereda.

Meski demikian Ia berharap agar pandemi COVID-19 cepat berlalu, sehingga aktifitas masyarakat dapat berjalan kembali dengan normal, sehingga perekonomian masyarakat dapat pulih kembali.

“Tidak menutup kemungkinan akan ada JPS tahap selanjutnya, jika memang kondisi masih tidak stabil. Namun kita harapkan ini yang terakhir dan tidak ada lagi wabah corona,” demikian Syarif Fasha.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020