Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama PT Timah Tbk melakukan rapid test kepada seluruh anak buah kapal (ABK) kapal pertambangan timah yang beroperasi.

"Kegiatan hari ini, ada empat orang ABK yang reaktif dan langsung dibawa ke Balai Latihan Kerja Provinsi Kepulauan Babel untuk dikarantina," kata Ketua Satgas COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan ini diinisasi oleh Tim Tanggap COVID-19 PT Timah untuk menscreening seluruh ABK kapal isap yang beroperasi di perairan Babel. Rapid test tahap pertama dilakukan di seluruh kapal  mitra PT Timah Tbk yang beroperasi di perairan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sehingga dapat mendeteksi dini jika diketahui ada kru kapal yang terpapar COVID-19,"Ujarnya.

Ia berharap, ke depan, perusahaan lain untuk bisa melakukan rapid test bagi karyawan di masing-masing lingkungan perusahaan untuk membantu memetakan penyebaran dan memutus mata rantai penyebarannya.

“Kita minta untuk melakukan tes cepat karena setelah lebaran konstelasi sangat meningkat untuk wilayah Babel,” tambahnya.

Ia mengapresiasi langkah PT Timah yang telah melakukan rapid test di lingkungan internal perusahaan bahkan turut membantu tim gugus tugas untuk melakukan rapid test ke beberapa wilayah dan menyalurkan bantuan alat rapid test.

"Sementara ini yang melakukan tes menyeluruh kepada karyawannya baru PT Timah dan kami sangat mengapresiasi Gugus Tanggap COVID-19 PT Timah, malahan juga PT Timah membantu rapid test bagi seluruh masyarakat yang kontak erat dengan karyawan timah yang terpapar COVID-19," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020