Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi menyediakan 556 alat kontrasepsi pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII tahun 2020.

“Pada Harganas tahun ini kami menyiapkan 556 alat kontrasepsi berbagai jenis yang siap dibagikan, di antaranya IUD, implan, kondom, Metode Operasi Wanita (MOW), dan Metode Operasi Pria (MOP),” kata PLT Kepala DPPKB Kota Jambi Irawati Sukandar di Jambi, Kamis.

Melalui Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Senin (29/6), DPPKB akan memberikan layanan gratis pemasangan alat KB dengan prosedur standar protokol kesehatan COVID-19.

Kegiatan tersebut merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yakni pelayanan gratis sejuta akseptor untuk seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Pada kesempatan itu, DPPKB Kota Jambi menargetkan agar ratusan pasangan suami istri dapat memasang alat KB. Nantinya pemasangan aseptor tersebut akan tersebar di 102 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Jambi.

Hal tersebut dilakukan untuk mengendalikan kehamilan dan kelahiran anak. Pengendalian kehamilan dan kelahiran anak perlu dilakukan agar tidak terjadi ledakan penduduk.

Untuk para calon akseptor yang ingin memasang alat kontrasepsi cukup membawa KTP dengan NIK Kota Jambi

Sementara itu, angka kelahiran anak di Kota Jambi selama masa pandemi COVID-19 alami peningkatan, sehingga Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) mengimbau warga mau ber-KB.

Berbagai cara terus dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, seperti pemasangan implan, ikut program KB, Intra Uterine Device (IUD) atau menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim, pembagian kondom, serta yang lainnya.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020