Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputra bersama pejabat utama Polres sambangi warga di beberapa desa di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi dengan tujuan untuk melihat langsung masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Kami sudah dua malam melakukan program sambang atau jaga malam di beberapa desa yang berada Kecamatan Betara ini selain melihat kondisi warga terdampak COVID-19 juga memberikan langsung bantuan paket sembako kepada mereka," kata AKBP Guntur Saputra dalam keterangan resminya yang diterima, Sabtu.

Baca juga: Kapolres Tanjabbar pimpin langsung patroli sepeda motor

Program polisi sambang desa memang sudah diprogram dalam rangka menindaklanjuti arahan Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi, agar Polri dekat dengan rakyat dan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 74 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

Polres Tanjabbar menggelar program polisi sambang desa dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro serta diikuti para pejabat utama Polres yang disebarkan ke masing-masing desa yang ada di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjungjabung Barat untuk bersentuhan langsung bersama masyarakat.

Dengan menggunakan kendaraan sepeda motor jenis trail dan membawa bingkisan berupa beras dan sembako yang diikat di belakang, Kapolres bersama para Kabag, dan Kasat berangkat dari Mapolres Tanjabbar, menuju ke desa-desa yang telah ditunjuk untuk dikunjungi dan menginap di desa selama dua malam.

Kapolres Tanjabbar Guntur Saputro dan rombongan langsung menuju daerah Parit Lapis Desa Makmur Jaya untuk menyambangi warga disana sedangkan para pejabat utama Polres Tanjabbar menuju desa-desa yang sudah di tunjuk.

Setiba di Parit Lapis Desa Makmur Jaya, Kapolres langsung menyapa warga serta membagikan masker ke warga sekitar dan meminta izin untuk bermalam di Desa tersebut dan melakukan diaolog dengan kelompok tani serta meninjau ketahanan pangan di sawah Desa Makmur Jaya dengan menampung aspirasi masyarakat terkait permasalahan Kamtibmas.

Selain berdialog dengan warga, kegiatan dimalam hari di desa itu polisi bersama warga melaksanakan doa dan membaca surat Yasinan bersama yang mana sebelumnya sempat terhenti karena adanya wabah COVID-19, sehingga kita polisi hadir untuk mensosialisasikan tatanan hidup baru atau new normal, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Pada malam harinya Kapolres mengikuti kegiatan warga Desa Makmur Jaya dengan jaga malam (ronda) keliling yang rutin setiap malamnya menjaga situasi kamtibmas di Desa tersebut.
 
Selanjutnya, Kapolres juga menyempatkan diri  berinteraksi bersama bermain gasing sebagai perrmainan kearifan lokal serta bagi-bagi masker di Desa Sungai Terap dan keesokan harinya kembali lagi ke Polres.

Baca juga: Kapolres Tanjabbar maafkan pemalsu akun palsu

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020