Pasien terinfeksi COVID-19 nomor 06 Provinsi Jambi, atau pasien 01 Kota Jambi berdasarkan data merupakan pasien paling lama menjalani perawatan untuk terbebas dari virus itu yang ditentukan dua kali hasil negatif dari pengambilan uji swab/ PCR secara beruntun.

"Ya berdasarkan catatan kami, Pasien 06 Provinsi Jambi atau KJ (Kota Jambi) 01 ini menjalani perawatan tiga bulan lebih, alhamdulillah beliau sembuh dan sudah kembali ke keluarganya," kata Kesie Pelayanan RSUD Abdul Manap Kota Jambi dr Fachrul saat  kegiatan penyerahan bantuan APD dari Satgas Bencana BUMN Wilayah Jambi, Rabu.

Pasien asal Kecamatan Pal Merah Kota Jambi tersebut, menjalani perawatan di RSUD Abdul Manap Kota Jambi selama tiga bulan lebih.

Pria berusia 65 tahun yang terpapar dari klaster Gowa itu masuk  atau ditetapkan terkonfirmasi positif COVID-19 pada 15 April 2020 saat yang bersangkutan beberapa hari sebelumnya telah mendapat perawatan di rumah sakit itu.

Ia dinyatakan sembuh pada 12 Juli 2020 dan diperbolehkan pulang ke rumah, namun tetap di haruskan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Lebih dari 90 hari, pria tersebut harus menghabiskan hari-harinya berjuang untuk penyembuhan di RSUD Abdul Manap. Ia akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 pada 12 Juli, dan bila pulang dilepas langsung oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha.

Seperti pasien lainnya yang sembuh dari COVID-19, secara khusus ia menerima setangkai bunga dan paket sembako dari Wali Kota Jambi.

Selain dirinya, dua anggota keluarganya juga harus menjalani perawatan akibat terinfeksi virus itu yakni istri dan anaknya. Namun keduanya sembuh lebih dahulu.

"Ya istri dan anak beliau juga terpapar, namun sembuh lebih awal. Dia sendiri saat ini kondisinya sangat sehat dan keluar dari rumah sakit tetap menjalani isolasi selama 14 hari," kata Fachrul.

Sementara itu berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Kota Jambi, Rabu (15/7) pukul 12.00 WIB, jumlah warga yang terpapar dan terkonfirmasi positif sebanyak 32 orang, dan 30 diantaranya sudah sembuh, termasuk pasien 06 yang terakhir pulang bersama enam pasien lainnya.

Dan dua pasien lainnya yang terkonfirmasi positif COVID-19, masih menjalani perawatan di rumah sakit itu.

"Alhamdulillah tingkat kesembuhannya sangat positif, mudah-mudahan yang masih menjalani perawatan segera pulih dan hasil swabnya negatif," katanya menambahkan.


 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020