Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara – Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) Provinsi Jambi mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) bersifat sekuler dan ateistik, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua APHTN-HAN Jambi Muslih dalam kegiatan forum diskusi secara dalam jaringan (daring) atau on line bersama Pusakademia dan tokoh di Jambi.

Di katakan Muslih, pembahasan RUU HIP yang masuk dalam program legislasi prioritas DPR 2020, menuai polemik di masyarakat karena dianggap bersifat sekuler dan ateistik sehingga menyimpang dari kesepakatan founding fathers.

Selain itu, rancangan RUU HIP tersebut belum mencantumkan TAP MPRS XXV Tahun 1966 sehingga memunculkan kesan di masyarakat ada upaya terselubung membangkitkan PKI. Dan rancangan tersebut justru mereduksi nilai-nilai Pancasila.

“Ada materi yang menyiratkan adanya satu sila yang lebih tinggi dari sila yang lain, di sisi lain mempersempit dan mengesampingkan rumusan final sila Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Muslih.

Digambarkan Muhlis, timbulnya polemik RUU HIP tersebut menyebabkan demo oleh beberapa lembaga dan ormas di sejumlah daerah yang rawan di tunggangi oleh oknum dan kelompok tertentu yang ingin memecah belah persatuan bangsa.

Sehingga perlu dilakukan forum diskusi dan dialog dengan semangat persatuan. Dengan harapan dapat mengakhiri polemik tersebut dan penanganan percepatan pencegahan penularan COVID-19 dapat dilakukan dengan lebih fokus dan pemulihan ekonomi dapat dilaksanakan dengan baik.

Dijelaskan direktur Pusakademia Jambi Mochammad Farisi, tujuan dari web diskusi tersebut untuk meningkatkan silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat. Serta mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

“Melalui diskusi tersebut menjelaskan proses legislasi atau pembentukan undang-undang di DPR RI dan mengakhiri polemik dan menawarkan solusi terbaik dari kontroversi RUU HIP,” kata Mochammad Farisi.

Yang hadir sebagai narasumber dalam diskusi secara daring tersebut diantaranya Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli, Ketua APHTN-HAN Prof Bahder Johan Nasution, dan Sekretaris MUI Provinsi Jambi H Hermanto Harun

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020