Gubernur Jambi sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provisi Jambi, Fachrori Umar mengatakan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih melanda dunia khususnya Provinsi Jambi. 

Hal tersebut disampaikan Fachrori pada penyerahan JPS COVID-19 Provinsi Jambi Tahap II untuk masyarakat Kabupaten Muarojambi di Kantor Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muarojambi, Rabu.

"Kita terus berupaya menghidupkan perekonomian masyarakat di tengah wabah pandemi COVID-19, salah satunya adalah melalui bantuan JPS untuk rumah tangga yang sangat terdampak COVID-19 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi," kata Fachrori.

Bantuan JPS katanya merupakan bantuan tahap kedua, sebelumnya Pemerintah Provinsi Jambi telah menyalurkan bantuan JPS Covid-19 tahap pertama.

Bantuan JPS dari Pemprov Jambi diperuntukkan bagi rumah tangga yang sangat terdampak Covid-19 dan diberikan untuk bulan Mei, Juni dan Juli.

Fachrori menjelaskan bahwa Pemprov Jambi memberikan bantuan JPS COVID-19 berupa bahan pangan pokok senilai Rp350.000 terdiri dari tujuh jenis dan uang tunai senilai Rp250.000 kepada masyarakat yang sangat terdampak COVID-19 untuk jangka waktu tiga bulan yaitu bulan Mei, Juni, dan Juli. 

JPS Covid-19 juga bertujuan untuk sedikit membantu meringankan beban pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat Jambi.

"Bantuan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari Pemprov Jambi untuk sedikit mengurangi beban pemerintah kabupaten/kota dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat terdampak COVID-19. Kita mengharapkan, melalui bantuan JPS ini dapat sedikit mengurangi kesulitan yang sedang dihadapi masyarakat dan turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat," kata Fachrori menjelaskan.

"Saya juga sangat mengharapkan bantuan ini dapat segera didistribusikan kepada rumah tangga penerima manfaat dengan sebaik-baiknya secara cepat dan tepat, sehingga masyarakat dapat segera mendapatkan manfaatnya dan roda perekonomian tetap berjalan," katanya menambahkan.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Junaidi, mengatakan selain bantuan Pemprov Jambi, masyarakat Muarojambi juga mendapatkan bantuan dari pusat melalui Kementerian Sosial dan tentunya bantuan ini berkat dorongan dari Pemerintah Provinsi Jambi. 

"Pemerintah Kabupaten Muarojambi juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat terdampak COVID-19 guna sedikit mengurangi beban masyarakat," kata Junaidi.

Selain menyalurkan bantuan JPS di Kabupaten Muarojambi, Gubernur Jambi di hari yang sama juga menyalurkan bantuan JPS untuk Kabupaten Sarolangun.***

 

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020