Tim Satgas Pangan Jambi menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Angso Duo Jambi untuk mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Jumat (24/7).

Sidak tersebut, dipimpin oleh Pj Sekda Provinsi Jambi Sudirman, didampingi Kepala Perum Bulog Jambi, Kepala BPS Provinsi Jambi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jambi Amir Hasbi, Kepala Dinas TPHP Ahmad Mausul, dan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja.

Sudirman menyampaikan dari hasil pemantauan jelang  Idul Adha harga bahan pokok masih stabil dan pasokan masih tersedia tidak ada kelangkaan barang.

"Harga bahan pokok masih wajar dan stok tersedia cukup, mudah-mudahan sampai dengan hari H semua barang tetap tersedia," kata Sudirman.

Disebutkannya, untuk harga daging mengalami sedikit kenaikan namun masih dalam nilai wajar yakni sekitar Rp120 ribu hingga Rp 130ribu perkilogramnya.

Setelah itu harga bawang putih seharga Rp18 ribu per kilogram dan bawang merah seharga Rp13 ribu per kilogram.

"Harga untuk kondisi saat menyambut lebaran ini masih normal dan wajar yang terpenting semua stok tersedia untuk kebutuhan masyarakat," Sudirman.

Dijelaskannya, temuan di lapangan tidak ada lagi pedagang yang menjual daging beku semuanya daging biasa. Hanya saja, jika tidak terjual dimasukkan ke dalam kulkas untuk di dinginkan.

Sedangkan, pasokan bawang putih masih impor dari China, bawang merah masuk dari Sumbar dan sebagian dari petani Kerinci, Provinsi Jambi.

"Alhamdulillah bawang merah dari petani Kerinci sudah masuk di pasaran Jambi meskipun harganya masih cukup murah dibandingkan dari Sumbar," kata Sudirman.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020