Pemerintah Kabupaten Batanghari akan menyalurkan Bantuan Batanghari Tunai (BBT) tahap ke dua kepada penerima manfaat yang belum menerima bantuan secara non tunai.

“Penerima manfaat yang belum menerima BBT tahap II akan di salurkan secara non tunai melalui bank 9 Jambi,” kata Sekretaris BPBD Batanghari Samral Lubis di Batanghari, Selasa.

Penyaluran bantuan susulan BBT tahap II tersebut akan di salurkan pada minggu ke dua bulan Agustus. Dimana sebelumnya sebagian penerima manfaat BBT tahap II tersebut telah di salurkan pada tanggal 28 hingga 31 Juli 2020.

Ada 11.547 KK penerima manfaat BBT tahap ke dua yang di salurkan pada Juli 2020. Dan bantuan BBT tahap II yang di salurkan secara non tunai tersebut di peruntukan untuk penerima manfaat yang belum mendapatkan bantuan.

Di jelaskan Samral, mekanisme penyaluran BBT tahap II susulan secara non tunai tersebut yakni pihak bank akan mendatangi setiap kelurahan. Selanjutnya penerima manfaat akan menerima slip bantuan dari Bank 9 Jambi.

“Slip bantuan tersebut yang akan di cairkan setiap penerima manfaat di bank 9 jambi, artinya penerima manfaat mengambil langsung uang tunai ke bank 9 Jambi menggunakan slip tersebut,” kata Samral Lubis.

Ada 3.131 KK penerima manfaat BBT tahap II yang akan disalurkan secara non tunai. Penerima manfaat tersebut tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Batanghari, yakni di Kecamatan Bajubang, Pemayung, Muara Bulian, Muara Tembesi, Batin XXIV, Mersam, Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Maro Sebo Ilir.

Penyaluran BBT tahap II Kabupaten Batanghari tersebut alami keterlambatan karena proses validasi data. Sebab jumlah penerima manfaat BBT tahap kedua tersebut meningkat.

Pada tahap pertama, penerima manfaat BBT berjumlah 8.000 penerima lebih. Pada tahap kedua, penerima manfaat BBT meningkat menjadi 11.000 lebih.

Sementara itu, nominal bantuan yang di terima penerima manfaat masih sama dengan bantuan tahap pertama, yakni sebesar Rp600 ribu. Dimana bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batanghari anggaran tahun 2020.

Di mana bantuan tersebut di berikan kepada masyarakat yang perekonomian nya ter dampak pandemi COVID-19.

Pewarta: Septa Randika

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020