Seluruh personel Polres Solok Selatan, Sumatera Barat  termasuk tahanan dilakukan tes usap sebagai antisipasi penularan COVID-19, Rabu.

"Dengan adanya anggota di Pariaman positif COVID-19 maka kami melakukan antisipasi penularan dengan mendata semua personel melalui tes usap," kata Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto melalui Kabag Ops AKP Adrifides di Padang Aro, Rabu.

Pengambilan tes usap bukan hanya untuk anggota yang bekerja dilapangan tetapi menyeluruh termasuk perwira.

"Kapolres hingga tahanan juga dilibatkan dalam mengambil sampelnya sebagai bentuk kebersamaan dan antisipasi," katanya.

Untuk mengambil sampel tes usap Polres Solok Selatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat sebagai pihak yang berkompeten.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman mengatakan sampel tes usap di kepoliasian ini rencananya untuk 250 polisi dan 13 orang tahanan sehingga totalnya 263 orang.

"Pengambilan swab massal di Polres Solok Selatan rencana untuk 263 orang dan petuhas kesehatan dibagi empat tim sehingga bisa selesai hari ini," ujarnya.

Tes usap bagi personel Polres ini katanya, merupakan permintaan dari polisi sebagai upaya antisipasi penularan COVID-19 bagi anggotanya.

Dia menambahkan orang yang kontak erat dengan kasus yang di Pariaman juga sudah diperiksa sebanyak empat orang dengan hasil negatif.

"Empat orang yang kontak erat dengan kasus Pariaman juga polisi sebanyak empat orang dan sudah kami tes usap dengan hasil negatif," ujarnya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020