Hama tikus menyerang tanaman padi petani di Mukomuko Provinsi Bengkulu.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyalurkan bantuan rodentisida atau racun tikus untuk mencegah tanaman padi yang terserang hama tikus di daerah ini mengalami gagal panen atau puso seluas 20 hektare .

“Kami memberikan bantuan racun ini untuk membasmi hama tikus dan bantuan ini diharapkan dapat mencegah tanaman padi yang terserang hama tikus mengalami gagal panen atau puso," kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Selasa.

Dikatakannya,  seluas 20 hektare tanaman padi milik kelompok tani Kubrah Desa Lubuk Gedang sebagian besar atau sekitar 80 persen terserang hama tikus.

Seluas 20 hektare tanaman padi milik kelompok tani Kubrah Desa Lubuk Gedang, Kecamatan XIV Koto ini berumur 40 hari setelah tanam (HST) dan menggunakan benih jenis mekongga

Ia mengatakan, produksi tanaman padi milik kelompok tani ini yang menurun akibat terserang hama tikus, dari sebanyak delapan hingga sembilan ton per hektare menjadi tujuh ton.

Selanjutnya, ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan rodentisida atau racun tikus untuk membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi milik kelompok tani ini.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan rodentisida sebanyak tiga kilogram kepada kelompok tani. Kami berharap bantuan ini dapat membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi.

Ia mengatakan, hampir mayoritas lahan tanaman padi yang berada dekat dengan seluas 20 hektare lahan tanaman padi milik kelompok tani Kubrah Desa Lubuk Gedang terserang hama tikus.

Menurutnya, saat musim tanam kedua padi sawah ini sedang banyak tanaman padi milik kelompok tani di daerah ini yang terserang hama tikus tetapi sebagian petani secara mandiri menanggulangi hama tersebut.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020