DPRD Kota Jambi mendorong Pemerintahan Kota Jambi untuk memprioritaskan program-program pemulihan ekonomi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

"Tahun 2021 merupakan tahun ke-3 RPJMD, harapannya banyak program yang bisa menyentuh masyarakat, terutama pemulihan ekonomi akibat COVID-19 yang berkaitan dengan pemulihan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua DPRD Kota Jambi Putra Abshor di Jambi, Jum'at.

Dia mengharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Jambi dapat memprioritaskan program penanganan dan pemulihan ekonomi. Tidak hanya pemulihan ekonomi, namun juga program terkait sosial dan kemasyarakatan pada APBD tahun 2021 mendatang.

Sementara itu, pada rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Jambi tahun anggaran 2021 turut memprioritaskan pemulihan ekonomi. Dimana Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021 mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Sehingga fokus pembangunan diarahkan kepada pemulihan industri, pariwisata dan investasi.

Selain itu juga terkait dengan reformasi sistem kesehatan nasional. Selanjutnya reformasi sistem perlindungan sosial dan reformasi sistem ketahanan bencana.

"Rancangan tersebut juga memperhatikan tema pembangunan Pemkot Jambi tahun 2021 yang tercantum pada RKPD Kota Jambi Tahun 2021 yaitu peningkatan akses mutu layanan dan kesejahteraan masyarakat serta pemulihan ekonomi," kata Sekwan DPRD Kota Jambi, Nella Ervina.

Sementara itu target pendapatan daerah Kota Jambi pada tahun 2021 diperkirakan sebesar Rp1,66 triliun menjadi Rp1,65 triliun. Sementara untuk total keseluruhan belanja daerah Kota Jambi pada tahun 2021 ditargetkan sebesar Rp2,04 triliun.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020