Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar debat perdana antar calon Gubernur Jambi pada Sabtu (24/10) malam yang dilaksanakan di Swissbell Hotel Jambi.

Pada debat perdana tersebut hanya dilaksanakan debat antar calon gubernur, dan untuk calon wakil gubernur akan dilaksanakan pada tahap kedua.

Dalam debat antar calon gubernur tersebut, masing masing calon gubernur diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi dan program pembangunan jika nantinya terpilih sebagai Gubernur Jambi periode 2021-2025.

Dijelaskan Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan, debat antar calon Gubernur Jambi tersebut merupakan salah satu ikhtiar dari KPU untuk menyebarkan visi dan misi serta program dari masing masing calon gubernur. Dengan harapan, masyarakat mendapat gambaran visi misi dan program pembangunan dari masing masing kandidat.

“Ada empat metode kampanye yang di fasilitasi oleh KPU, penyebaran alat peraga kampanye, bahan peraga, penayangan iklan di media masa, cetak dan elektronik serta yang ke empat debat terbuka calon kepala daerah,” kata M Subhan.

Debat terbuka calon gubernur Jambi tersebut mengusung dua tema, yakni menggali potensi daerah Jambi untuk mewujudkan kesejahteraan menuju masyarakat mandiri. Tema yang kedua membangun partisipasi dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat guna menyelesaikan persoalan daerah.

M Subhan menegaskan debat terbuka calon gubernur Jambi tersebut bukan merupakan ajang untuk menjatuhkan, menyalahkan dan merendahkan antar kandidat. Tujuan dilaksanakan debat tersebut untuk menghadirkan forum kepada masyarakat Jambi agar dapat melihat dan menyaksikan masing masing kandidat dalam mencoba menggali potensi daerah agar Jambi menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, M Subhan berharap masing -masing kandidat dapat menawarkan visi misi dan program dalam upaya menuntaskan pandemi COVID-19 di Jambi khususnya.

“Pandemi COVID-19 ini telah menjadi persoalan dunia dan berdampak terhadap seluruh sektor, kepada masing masing kandidat silahkan tawarkan dan elaborasikan visi misi dengan penyelesaian masalah terhadap COVID-19 saat ini,” kata M Subhan

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020