Gubernur Jambi Fachrori Umar pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di Rumah Dinas Gubernur Jambi mengatakan bahwa fungsi pers turut membangun sendi-sendi demokrasi dalam penyelenggaraan negara.

"Fungsi pers turut membangun sendi-sendi demokrasi dalam penyelenggaraan negara," kata Gubernur Jambi Fachrori Umar di Jambi, Selasa.

Dijelaskan Fachrori, ada lima fungsi pers, di antaranya pers sebagai media informasi, sebagai media pendidikan, sebagai media hiburan, sebagai media kontrol sosial dan sebagai lembaga ekonomi. Kelima fungsi pers tersebut turut andil dalam keberlangsungan penyelenggaraan negara.

Gubernur Jambi berharap insan pers di Jambi dapat memberikan masukan, kritik dan saran dalam penyelenggaraan pemerintahan di Jambi. Terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini, peran pers sangat besar terhadap masyarakat. Dimana pers turut memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penularan COVID-19.

Seperti memberikan edukasi terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 dan memberikan informasi terkait bahayanya COVID-19. Sehingga pers di harapkan mampu menjadi agen perubahan dalam adaptasi baru di masa pandemi COVID-19.

"Jurnalis terbaik bukan mengoreksi tanpa salah, namun tanpa lelah," kata Fachrori.

Sementara itu, bertepatan dengan HPN tahun 2021, PWI Provinsi Jambi turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala daerah dan pewarta di Jambi yang tergabung dalam sepuluh kategori. Diantaranya kategori kepala daerah yang konsen melestarikan budaya lokal diberikan kepada Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Selanjutnya birokrat berdedikasi dan berintegritas diberikan kepada H Sudirman, kategori atas keberhasilan menjaga kondusifitas wilayah dalam Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Jambi diberikan kepada Kapolda Jambi Irjen Pol Rahmad Wibowo.

Kemudian kepala daerah yang dinamis dan multikultural diberikan kepada Bupati Tebo Sukandar, kepala daerah muda inspiratif diberikan kepada Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto. Dan tokoh pers Jambi dianugerahkan kepada lima orang pewarta senior di Jambi, diantaranya Syamsul Watir, Syamsudin Noor,Daniel Sijan, Mursyid Y Sonsang dan Murman Toha.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021