Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni meminta satuan tugas ketahanan pangan Provinsi Jambi meningkatkan kemampuan teknologi digital dalam produksi dan distribusi pangan. 

"Pemerintah terus mendorong Pemerintah Daerah untuk terus menjamin ketersediaan stok pangan dalam jumlah yang cukup serta distribusi-nya lancar tanpa adanya masalah dan tetap membuat masyarakat tenang," kata Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni di Jambi, Sabtu. 

Kemudian Nunung sapaan akrab Penjabat Gubernur Jambi meminta penguatan sarana dan prasarana dengan keterlibatan masyarakat secara aktif. Penguatan kemandirian  masing-masing wilayah melalui penguatan cadangan pangan pemerintah daerah. 

Selanjutnya integrasi sistem logistik tradisional dan modern dalam pemerataan distribusi pangan daerah, serta peningkatan kerjasama antar daerah dalam pemenuhan pasokan pangan.

Pada tahun 2020, Presiden telah menyampaikan bahwa FAO memperingatkan ancaman krisis pangan dan bencana kelaparan dunia. Sekitar 135 juta orang di seluruh dunia terancam kelaparan atau bahkan mengalami situasi yang lebih buruk.

"Karena itu, ketersediaan pangan, food security sangat penting," kata Hari Nur Cahya Murni. 


Dijelaskan Nunung, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, peningkatan ketersediaan, akses, dan kualitas konsumsi pangan menjadi salah satu program prioritas dengan kegiatan prioritas meliputi  peningkatan kualitas konsumsi, keamanan, fortifikasi dan biofortifikasi pangan.

Kemudian ada peningkatan ketersediaan pangan hasil pertanian, perikanan dan pangan hasil laut secara berkelanjutan. Peningkatan produktivitas, kesejahteraan sumber daya manusia (SDM) pertanian, perikanan dan kepastian pasar, dan peningkatan keberlanjutan produktivitas sumber daya pertanian, dan digitalisasi pertanian. 


Kemudian, Pemerintah Daerah juga diminta untuk mempercepat penetapan kebijakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) termasuk kabupaten dan kota di wilayah masing-masing dalam rangka menjamin ketersediaan lahan pertanian untuk dimanfaatkan oleh petani.

"Selain itu, Pemda juga harus mengoptimalkan peran Satgas Pangan dalam pengawasan ketersediaan, distribusi, dan harga pangan dengan melibatkan masyarakat," kata Hari Nur Cahya Murni. 

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021