Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi melaksanakan Program BPJS Kesehatan Mendengar untuk mendapatkan saran dan aspirasi dari masyarakat sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan Program JKN-KIS.

"Program ini dilaksanakan di seluruh kantor Cabang BPJS Kesehatan di Jambi penerapannya melalui dropbox saran dan keluhan yang ada di kantor cabang dan juga secara on line," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jambi Sri Widyastuti di Jambi, Selasa.

Program BPJS Kesehatan mendengar tersebut di luncurkan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi, saran, masukan untuk membangun BPJS Kesehatan dan sebagai evaluasi untuk kesuksesan program JKN-KIS.

Evaluasi dan masukan yang disampaikan pemangku kepentingan tersebut menjadi suatu hal yang esensial dan sebagai bahan acuan dalam mengelola program JKN-KIS.

Serta sebagai bahan untuk melakukan penyusunan kegiatan strategis BPJS Kesehatan selama lima tahun ke depan.

"Masyarakat dan pemangku kepentingan juga dapat memberikan saran dan masukan melalui hotline servis kantor Cabang Jambi di 0741-443516 dan saluran informasi melalui aplikasi website lapor," kata Sri Widiyastuti.

Dijelaskan Sri Widiyastuti evaluasi tersebut juga menjadi bahan masukan dalam menggunakan inovasi untuk meningkatkan mutu layanan. Sebagai contoh yakni terkait dengan solusi mengurangi antrian dan bagaimana cara meningkatkan kepuasan layanan terhadap peserta.

Program BPJS Kesehatan mendengar tersebut dilaksanakan selama bulan Maret 2021 melalui beberapa metode, diantaranya secara off line dan on line serta melalui formulir elektronik.

Dalam penyelenggaraan program JKN-KIS tersebut tidak dapat berjalan sendiri dalam menentukan arah dan kebijakan. Sebab program JKN-KIS merupakan bagan dari sistem jaminan sosial nasional dan bagian dari pemerintah dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021