Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) H Anwar Sadat menyampaikan prioritas pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan raya serta program pengentasan kemiskinan pada acara Musrenbang RKPD 2022 Provinsi Jambi.

"Kami berharap pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan raya terealisasi, selain itu juga pengentasan kemiskinan di Tanjabbar menjadi prioritas yang kami harap mendapat dukungan anggaran dari provinsi maupun pusat," kata H Anwar Sadat.

Ia menyebutkan, program pembangunan jalan yang sudah dirancang sejak jauh-jauh hari belum terealisasi. Jalan raya sangat penting untuk urat nadi perekonomian di daerah.

Ia juga menyebutkan sejumlah jembatan di Tanjabbar juga dalam kondisi rusak sehingga mengganggu roda perekonomian warga di daerah.

"Ada jembatan yang kondisinya sudah rusak, tak bisa dilintasi kendaraan pengangkut, ini menjadi kendala untuk mengungkit perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Di sisi lain, ia menyebutkan Tanjabbar memiliki komoditas energi yang menghasilkan pemasukan yang besar. Namun ironisnya justeru tingkat kemiskinan warga masyarakat Tanjabbar dan Tanjatim yang tertinggi di Jambi.

"Seharusnya dengan sebagai produsen gas yang besar, Tanjabtim dan Tanjabbar tidak berada dalam posisi tingkat kemiskinan seperti itu. Jelas kami berharap mendapatkan keadilan anggaran," kata bupati.

Ia menyebutkan, kebutuhan biaya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tanjabbar dengan daerah perkotaan tidak bisa disamakan.

"Dengan biaya Rp20 miliar untuk daerah lain di kota mungkin sudah cukup untuk perbaikan jalan, namun di Tanjabbar mungkin tidak mungkin mencukupi karena kondisi tanahnya berbeda, kondisi wilayahnya berbeda pula," kata Anwar Sadat.

Sementara itu Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni  dalam sambutannya mengajak para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi untuk lebih intensif dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jambi dalam menyusun perencanaan yang baik dan bersinergi, memiliki daya ungkit, serta memiliki indikator yang jelas dan terukur.


Acara Musrenbang RKPD 2022 Provinsi Jambi juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, Kepala Bapepeda se-Provinsi Jambi, Anggota DPR DPR RI Dapil Jambi H Ahmad Bakri.

Hadir pula Sekjen Kemendagri Dr Ir Muhammad Khudori dan Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas RI Pungky Sumadi secara virtual.

 

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021