Bandara Sultan Thaha Jambi, Minggu (11 /4)
melakukan uji coba tes GeNose C19 kepada staf dan komunitas di bandara itu.

Plt EGM Bandara Sultan Thaha Jambi, Fredho Perdana Putra mengatakan  implementasi GeNose ini merupakan  gelombang kedua dimana sebelumnya sudah dilakukan di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara  Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. 

Tes GeNose C19 sendiri nantinya akan mulai diberlakukan di Bandara Sultan Thaha Jambi mulai Senin  besok 12 April.  Untuk menikmati layanan tes GeNose di Bandara Sultan Thaha Jambi ini penumpang cukup membayar Rp40 ribu. 

"Pada gelombang kedua ini dilakukan di  3 Bandara yakni Bandara Sultan Thaha Jambi, Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara Tanjung Pandan Belitung," Katanya. 

Dia menambahkan, jadwal tes mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore di Airport Health Center  Bandara Sultan Thaha Jambi yang terletak di area selasar. 

Tiap harinya Bandara Sultan Thaha Jambi menyiapkan 300 sampai 500 kantong Tes GeNose C19. Hasil tes GeNose sendiri bisa dilihat setelah 5 sampai 10 menit menjalani tes. Meski sudah menyediakan layanan tes GeNose, pihak Bandara Sultan Thaha Jambi juga tetap menyediakan test rapid antigen.

Untuk dapat menggunakan layanan test GeNose ini, penumpang dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu  melalui aplikasi Travelation . Nantinya hasil tes dari GeNose C19 dapat terintegrasi dengan aplikasi eHAC. 

eHAC yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan saat ini digunakan sebagai pengawasan pelaku perjalanan baik di rute domestik dan internasional, sehingga AP II dan KKP

Kemenkes akan memastikan hasil dari GeNose C19 ini juga bisa diinput secara digital ke aplikasi eHAC, sebagaimana juga hasil rapid test dan PCR test yang bisa diinput di aplikasi eHAC

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021