Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Jambi pada tahun 2021 sebanyak  10.380 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  dalam dua gelombang. 

"Jumlah peserta SBMPTN tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, tahun 2020 peserta SBMPTN hanya berkisar sembilan ribu peserta, tahun 2021 terdapat 10.380 peserta," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Kamid di Jambi, Senin.

Gelombang pertama UTBK SBMPTN di Unja dilaksanakan dari hari ini, 12 April 2021 sampai dengan 19 April 2021. Selanjutnya UTBK SBMPTN gelombang ke dua dilaksanakan dari tanggal 26 April 2021 sampai dengan 3 Mei 2021. 

UTBK SBMPTN Tersebut dilaksanakan dalam dua gelombang guna menegakkan protokol kesehatan COVID-19. Dimana pelaksanaan UTBK SBMPTN tersebut menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Peserta dan panitia yang terlibat wajib menggunakan masker. Selain itu, di lokasi UTBK SBMPTN turut di sediakan tim kesehatan. 

Tahun ini kuota penerimaan mahasiswa baru Unja melalui jalur SBMPTN tersebut sebanyak 6.000 calon mahasiswa. Sehingga akan ada empat ribu lebih peserta yang tersingkir melalui jalur SBMPTN tersebut. 

"UTBK SBMPTN ini dilaksanakan di lima lokasi, yakni Kampus Unja Mendalo, Unja Buluran, Unja Telanai, SMA N 1 Muaro Jambi dan SMA Titian Teras Jambi," kata Kamid. 

Tahun 2021 ini Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unja yang paling diminati peserta, namun jika di lihat per jurusan maka empat jurusan yang paling diminati peserta SBMPTN Unja yakni Jurusan Kedokteran, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), hukum dan manajemen. 

Setelah jalur SBMPTN maka Unja akan menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SMMPTN. Dimana pada tahun 2021 ini kuota penerimaan mahasiswa baru Unja sebanyak 8.000 calon mahasiswa. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021